close

4 Film Pendek Indonesia Ramaikan Layar 20th Thai Short Film and Video Festival

20th Thai Short Film and Video Festival

20th Thai Short Film and Video Festival

Sejak tahun 2003 lalu, Thai Short Film & Video Festival dan MINIKINO—organisasi yang berfokus pada diseminasi film pendek di Indonesia—membangun jaringan bertajuk S-Express. Kegiatan tahunan ini adalah tempat bertukar gagasan bagi negara-negara Asia Tenggara lewat program film pendek. Kabar baik datang tahun 20016 ini, program S-Express Indonesia mendapatkan undangan resmi (official selection)  untuk dipertemukan pada audiens dalam rangkaian acara Thai Short Film & Video Festival 2016. Festival film ini berlangsung pada tanggal 20-28 Agustus 2016 di Film Archive and Bangkok Art & Cultural Center.

Thai Short Film & Video Festival memiliki reputasi atas fokus dan pendirian yang kuat tentang eksistensi film pendek yang kian tergerus arus utama atau hanya dianggap sebagai batu loncatan ke pangkuan kapital yang lebih besar. Festival ini secara konsisten menempatkan film pendek sebagai ilmu pengetahuan, strategi budaya dan alat pertukaran ide yang memuat ragam diskursus. Tiga sutradara film pendek Indonesia berikut  4 karya yang berkesempatan hadir adalah I Putu Oka Sudarsana dengan Sinampurna (2015), Tunggul Banjaransari bersama karya Udhar (2014), Jeihan Angga membawa Neng Kene Aku Ngenteni Koe (Here, I’m Waiting For You) (2015), dan satu lagi film berjudul Jagawana (2015) garapan dari Svetiana Dea. I Made Suarbawa sebagai wakil tim programmer MINIKINO juga turut mendampingi ketiga delegasi.

Jagawana
Jagawana

Dalam program khusus di Thai Short Film & Video Festival 2016 ini , MINIKINO bersama S-Express Indonesia merancang wacana besar tentang hubungan manusia dengan kuasa yang lebih besar darinya. MINIKINO sendiri adalah organisasi yang lahir tahun 2002 dari tangan Tintin Wulia, Kiki Moechtar dan Judith Guritno. Berupaya membangun jaringan antara pembuat film, penonton, dan organisasi lainnya di seluruh dunia, ranah kerja MINIKINO meliputi kerja distibusi, programasi film pendek Indonesia, pemutaran, dengan tak lupa menyediakan ruang diskusi.

Lewat rilis yang diterima WARN!NG, MINIKINO juga menyampaikan semangat baik yang datang dari denyut perfilman pendek Indonesia. Tunggul Banjaransari,saat ini sedang dalam tahap produksi (shooting) sebuah film pendek. Jeihan Angga sedang mengerjakan naskah film panjang serta memproduseri 2 buah film pendek. Sementara I Putu Oka Sudarsana, saat ini sedang menggarap sebuah film pendek dokumenter. Sedangkan Minikino, saat ini sedang mempersiapkan acara tahunan festival film pendek internasional 2nd Minikino Film Week yang akan diadakan di Bali, 8 sampai 15 Oktober 2016 mendatang.

 

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.