close

A Sweet Romance in Indie

eIMG_1538
© Warning/Arme
Edwina primananda © Warning

 

Edwina Primananda © Warning
Edwina Primananda © Warning
Edwina Primananda © Warning
Edwina Primananda © Warning

 

Warning © Arme
Edwina Primananda – Warning
© Warning/Arme
Edwina Primananda © Warning

Cewek satu ini adalah penggemar berat Prancis.She loves everything about France.Bahasa, musik, romantisme dan keindahannya sudah cukup banyak menggodanya untuk mengunjunginya suatu hari nanti.

Kecintaannya pada musik, terutama musik indie, tampak pada deretan band dan lagu yang acap kali singgah di telinganya.Simak juga kekecewaannya tentang Morrisey dan fantasi terliarnya yang juga melibatkan seorang Justin Bieber. Edwina Putri Primananda, a sweet smart indie fan,  fresh from the gig!

Halo nana, apa kabar?lagi sibuk apa?

Baik, baik, baik.Lagi sibuk kuliah aja sih, sama nyari magang nih.

Kayanya udah pengalaman difoto ya?Udah sering difoto sebelumnya ya?

Hhaha, karena tinggiku ga memadai, palingan sih cuma difoto as a modelsama temen-temen aja, buat tugas atau iseng. Gak pernah yang serius serius gitu.

Wah terus gimana perasaannya jadi model dadakan gini?

Campur aduk sih, tapi mostly excited.

Terus sekarang lagi dengerin apa nih?

Belakangan ini lagi dengerin band-band Prancis. Kaya Couer de Pirate, BB Brunes, Phoenix, The Plastiscines sama masih banyak lagi deh. Soalnya aku suka banget hal-hal yang berbau prancis. Aku juga lagi suka dengerin lagu lagu indie pop yang rada electro gitu, kaya lagunya Passion Pit sama Discovey.

Bicara soal musik, gimana sih sejarah ketertarikan musik seorang Nana?

Dulu waktu SMP sukanya yang ngepunk-ngepunk gitu, kaya NOFX, Greenday gitu. Terus udah males sama yang gitu-gitu terus pindah ke metal. Bentar doang tapi.Dengerinnya BMTH gitu.Cuma beberapa bulan aja malah. Metal! \m/ hhaha.Terus pas SMA kan sering ada pensi pensi gitu, nonton ERK, White Shoes, Tree and The Wildya segala macem. Terus jadi suka dan suka eksplor eksplor dah sampai sekarang.jadi kalo dipetain genrenya sekarang aku suka shoegaze, indiefolk sama indie pop indiepop itu. Kaya the milo, pure saturday, elekro juga suka sih, kaya bottle smoker. Itu kalo yang indonesia ya, kalo yang luar juga masih banyak banget.

Emang apa aja kalo yang luar?

Banyak bangrt, kaya Beirut, Architecture in Helsinki, Vempire Weekend, terus masih banyak lagi deh.Kalo mau tau semua cek aja di akun last.fm punyaku.Hhahaha.

Pengaruh dari  siapa nih?

Sendiri aja sih, temen-temen biasanya suka Top 40 gitu.

Tadi kamu bilang lagi seneng dengerin band-band Perancis, bisa bahasa Perancis?

Ya sedikit-sedikit.Sekalian belajar sambil dengerin lagu Perancis.Dan ternyata musik-musik Perancis tuh juga Asyik-Asyik.Romantis juga. Sesuai banget sama negaranya.

Bayangin ga bisa ke Paris suatu saat?

Banget banget banget! Terserah mau sama siapa aja atau ngapain aja, yang penting bisa kesana pasti dijabanin dah. hhahaha ( Hahaha boleh lhoWarning diajak juga kalo ke paris).

Nah dari band-band favoritmu yang udah pernah kamu liat performya langsung apa aja nih?

Ya paling yang lokal aja, kaya pure saturday gitu. Sekarang ga sering sering banget sih, masih trauma soalnya pernah pingsan pas gig.

Trauma?Bisa ceritain?

Hmm, waktu itu nonton 30 Seconds to Mars di JRL, nah waktu itu lupa belum makan.Seharian baru sarapan doang.Karena keasyikan jadi lupa makan dah, ga laper juga. Terus pas nonton Jared lagi nyanyi, uuugh ganteng banget! Terus puyeng terus pingsan dah.Untung aja itu di pinggiran pager gitu, terus bisa langsung diselametin gitu dah.Itu juga udah nunggu lama banget gara-gara jadwalnya mundur, berdiri pula, makanya bisa sampe drop gitu. Mana yang lebih ngeselin pas udah sadar dan ngeliat di panggung tuh ada banyak penonton di atas stage! Coba aja ga blackout, pasti udah di atas bisa ngliat dari deket.What a waste!

That’s all?

Abis kejadian itu jadi rada males liat live sih, ya gitu dah. Tapi banyak banget yang pengen diliat, kaya lineway festival di singapura tahun lalu sama taun ini. Sama big sound festival itu juga.Banyak banget yang pengen aku liat tahun ini sebenernya.Tapi banyak keadaan juga sih, semoga aja bisa berangkat lah.

Bisa maen alat musik ga?

Dulu pernah les piano gitu, jadi bisa maen keyboard sama gitar. Tapi sekarang udah ga pernah ngeband lagi sih.

Dulu sering brarti?

Ya biasalah zaman dulu. Zaman SMA gitu. Tapi biasanya main buat lomba gitu, festival gitu. Paling ya maen keyboard sama backing vokal.

Terus kenapa sekarang engga lagi?

Udah capek aja, banyak kesibukan juga sekarang. Udah kuliah juga, semester tua juga.Setidaknya dulu juga udah pernah menang, jadinya ya sekarang udah males aja.Jadi penikmat aja. Hhahaha

Ada penyanyi atau band yang pengen banget diliat performnya ga?

Morrissey!

Bukannya kemaren abis maen di Indonesia ya?

Ya itu. Kemarin itu ga bisa liat, ada kesibukan apa gitu. Aaahhhhhgggg! Ga bisa nonton huh!

Kenapa pengen banget nonton Morrissey?

Soalnya morrissey tuh udah kaya kiblatnya indie gitu.Selain itu aku suka The Smiths juga. Dia kan pentolan The Smiths gitu.

Terus buat nebus kegagalan liat morisey apa yang km lakukan?

Dengerin lagunya aja. Hhuuhuuhuu T.T(hahaa puk puk -ed)

Pendapatmu tentang industri musik saat ini?

Kapitalis dan market-oriented banget. Ga di indonesia ga di luar. Mereka mengesampingkan musikalitas yang penting gaya sama fashion yang aneh aneh gitu. Mungkin karena musiknya cuma tetot-tetot doang makanya pengalihnya ya lewat gaya itu. Mending dulu sih, masih ada musisi pop yang berani eksperimen dan menambah unsur lain kaya orkestra gitu, tapi sekarang ga bakal ada deh. Menurun banget lah kualitasnya.Jauh.

WARNING menilai cewek yang dekat dengan musik itu sexy, gimana pendapatmu?

Tergantung sih, ga bisa dibedain kaya gitu.Sama aja mau cewek mau cowok.Hak semua orang untuk suka dan bermusik.Ga bisa dibeda-bedain cewek atau cowok.

Kapan kamu merasa dirimu sexy?

Kalo aku sih ga pernah ngerasa diriku sendiri sexy. Kan subjektif, yang nilai juga kan orang lain. hhehe

Terus sexy menurutmu sendiri apa?

Kalo aku sexy tuh bagaimana bisa nyaman dengan dirinya sendiri walaupun berbeda banget dengan yang lain. Kaya yang penampilannya Rasta gitu, aku rasa sexy banget, soalnya mereka merasa nyaman dengan tampilannya sendiri.Salut aja sih.

Bagian tubuh mana yang paling kamu suka?

Aku paling suka mata sama alis sih. Kan bulu mata lumayan lentik, alis juga lumayan tebel. Biasanya sampe motoin mata juga gitu.Hheheh.

Kalo model rambutmu ini gimana nih kamu jelasinnya?

Ini spontan banget ya.Pas lagi ga ada kerjaan terus ke salon, pas rambut juga lagi acak kadut gitu. Terus minta dipotong pendek yang beda. Jadinya gini dah.Yaudah dijalanin aja.Udah sering juga begitu soalnya.Hhahaha.

Dua pertanyaan terakhir nih. Apa arti musik buat kamu?

Menurutku musik itu pengetahuan.Semuanya bisa tampak jauh lebih kaya, jauh lebih terang, dan jauh lebih kompleks.Sebuah lagu bisa menransfer pengalaman baru.Jadi tanpa musik, manusia itu gak bisa lengkap.

Hahaha, oke pertanyaan terakhir,apa fantasi terliarmu?

Hmmm, mungkin aku pengen terlahir di tahun 60an. terus pas tahun 80 ketemu Morrissey, dan mengubah dia jadi straight lagi.terus nikah sama dia, ihhhiy, dan jadi produser musik. Lumayan kan pake nama Morrissey biar cepet naiknya, hhehehe. Terus aku punya menantu namanya Usher, terus nyetop dia pas ketemu Justin Bieber. Biar Justin Bieber gak terkenal kaya sekarang.Hhahaha.

 

Foto : Angelina Anjar

Teks  : Tjok Khresna

Model : Edwina Primananda  (@nanaedwina)

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response