close

AK//47 Rilis Album Terbaru ‘Verba Volant, Scripta Manent’

AK47_LIVE2_PHOTO BY_HANAFI AROZAQ
AK47
AK47

Memasuki hampir 17 Tahun berkarya, Setelah sebelumnya merilis EP Tidak Setuju pada 2003 dan album penuh Barricades Close The Street, But Open The Way pada 2006 silam. Kali ini Ak//47 unit grindcore asal kota Semarang mengabarkan peluncuran full album terbaru bertajuk Verba Volant, Scripta Manent yang merupakan bahasa latin yang berarti “Yang sekedar terucap akan hilang. Yang tertulis akan abadi”. Full album yang berisi 13 nomor tersebut, telah diluncurkan pada 6 Februari lalu.

Band yang terbentuk sejak 1999 dan sempat hiatus selama hampir tujuh tahun tersebut, kini diperkuat dengan formasi Garna Raditya (gitar, vokal), Novelino Adam (vokal, bass) dan Yogi Ario (drum). Album milik AK//47 yang dirilis oleh Vitus Records dan Resting Hell Records ini sesungguhnya didedikasikan kepada pergerakan literasi untuk menggerus ignoransi. Meski bukan seorang literatus sejati, mereka sepakat bahwa gerakan literasi akan bisa menjadi energi yang besar dalam rangka melawan melawan ignoransi. “Bagi kami barikade depan ialah pengetahuan, agar tidak terus dibodohi,” ujar Garna.

“Tema literasi merupakan upaya untuk mencatat dan merekam segala sesuatu yang ada disekitar. Bisa melalui medium foto, teks, seni rupa atau disiplin lainnya agar tidak hilang atau dilupakan, sebab arsip tersebut akan berguna bagi teman-teman kami berikutnya. Kelak, kami bisa memetakan zaman maupun pemikiran di masa depan,” tambah Yogi atau akrab dipanggil Kotob.

Album ini juga akan diisi oleh beberapa vokalis tamu yang ditunjuk demi meruncing keberingasan AK//47 dalam menghantarkan keriuhan ke telinga para pendengarnya. Vokalis tamu dari tiga band metal gaek tersebut yakni Rudy Murdock (Radical Corps) yang mengisi pada nomor “Makan Semen” yang dipersembahkan kepada perjuangan para warga untuk mempertahankan Pegunungan Kendeng Utara yang digerus oleh korporasi, lalu Debronzes (Syndrome) pada nomor “So You Call Yoursef a Revolutionary?”. Dan terakhir Rudi Harjianto a.k.a Giant (SiksaKubur) yang ikut mempertegas lantunan lirik pada nomor “Punguti Aksara”, nomor yang ditulis oleh Garna tersebut kental dengan sentuhan hardcore/grind.

Materi pada album terbaru milik AK//47 terhitung mulai dikerjakan sejak awal 2014 silam, kemunculan mereka dimulai pada bulan Maret 2015, ketika Rifqi (Moiss) mengajak untuk kembali ke panggung guna mendampingi Vrosk, Matiasu dan Kaitzr saat mereka melakukan tur ke Semarang. Sebelumnya, AK//47 telah menyelesaikan tur ke 13 Kota di Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta. Menurut rilis resmi yang diterima WARN!NG, pada 12-16 Februari mendatang, AK//47 akan kembali melanjutkan tur promo albumnya di Provinsi Jawa Timur yakni di Kota Batu, Dampit, Surabaya dan Kediri. [WARN!NG/Dadan Ramadhan]

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response