close

Album Aransemen Ulang Soundtrack Tiga Dara Selesai Dikerjakan

tigadara
tigadara
tigadara

Setelah selesai dengan pekerjaan restorasi film klasik Tiga Dara besutan Usmar Ismail, SA Films kini juga telah merampungkan proyek aransemen ulang lagu-lagu dari film Tiga Dara. Film Tiga Dara adalah film musikal Indonesia yang mencapai penjualan tertinggi pada jamannya. Film ini sempat diputar selama delapan minggu berturut-turut di bioskop seluruh Indonesia. Film ini dirilis juga di bioskop-bioskop Malaysia pada 1958, dan mendapatkan respon yang sangat positif. Film Tiga Dara meraih Piala Citra untuk Musik Terbaik pada FFI 1960 (empat tahun setelah film dirilis), yang dianugerahkan kepada Saiful Bahri sebagai penata musik. Tujuh dari sepuluh lagu dalam film musikal ini diciptakan oleh Saiful Bahri sendiri, dua lagu oleh Oetjin Nurhasjim dan satu lagu oleh Ismail Marzuki.

Pada awalnya, SA Films berniat untuk merestorasi lagu-lagu dari film Tiga Dara dengan menggunakan format piringan gramafon 78 rpm (shellac) yang dirilis perusahaan rekaman Dendang. Namun, proses penggalian arsip untuk mencari master rekam pita magnetik album asli tidak membuahkan hasil. Hingga akhir batas waktu yang disepakati, master yang dicari tak kunjung ditemukan.

Dengan mempertimbangkan kualitas suara, restorasi dengan sumber plat gramafon tidak bisa dilakukan. Akhirnya, diputuskan untuk membuat album aransemen ulang original soundtrack film ini. Proses pengerjaan tersebut melibatkan banyak musisi muda yang peduli pada dunia perfilman dan musik pop Indonesia. Pengerjaan aransemen ulang tersebut juga ditujukan untuk menyuguhkan aransemen musik yang lebih sesuai dengan selera masa kini. Diharapkan pula, karya-karya komponis besar Indonesia di masa lalu dapat dinikmati dan diapresiasi oleh generasi saat ini dan masa depan.

Sebagai yang bertanggungjawab dalam proyek aransemen ulang, David Tarigan menunjuk Indra Perkasa, Mondo Gascaro, Bonita & the hus BAND, dan Deredia untuk membuat aransemen baru dari sepuluh original soundtrack. Aimee Saras, Aprilia Apsari, Bonita, Anda Perdana, Monita Tahalea, Indra Aziz, dan Danilla Riyadi kemudian ditunjuk oleh Indra Perkasa untuk menjadi vokalis dalam salah satu lagu dari album aransemen ulang tersebut. Danilla Riyaldi juga ditunjuk Mondo Gascaro untuk menjadi vokalis dalam salah satu lagu lain. Aransemen ulang yang umunya dibentuk dalam format big-band yang kental nuansa brass-nya dimainkan oleh Orkes Gadgadsvara tunjukan Indra Perkasa.

Album ini terwujud atas dukungan dan ijin dari para keluarga pencipta yang diwakili oleh para ahli waris: Syahfrul Bahri (putra dari Alm. Saiful Bahri), Zulfikri (putra dari Alm. Oetjin Nurhasjim), dan Rachmi Aziah (putri dari Alm. Ismail Marzuki). Album Aransemen Ulang Lagu Orisinil dari film ini akan dirilis secara serentak dalam bentuk fisik dan digital pada tanggal 11 Agustus 2016 nanti berbarengan dengan pemutaran film. [WARN!NG/Unies Ananda Raja]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response