close

[Album Review] Elemental Gaze – Elemental

elemental gaze
elemental gaze
elemental gaze

Record Label: Sorge Records (2015)

Watchful Shot: “Let Me Erase You”

[yasr_overall_rating size=”small”]

Akhirnya rilis juga album kedua dari band nu gaze kebanggaan kota Bandung ini. Ada total 11 lagu di Elemental yang merangkum dream pop/shoegaze dan mengembangkannya dalam kemasan electronic modern ini. Gampangnya mungkin seperti mendengarkan My Bloody Valentine bercengkerama dengan M83.

Secara klise, album ini dianggap sebagai sebuah esensi pengalaman hidup pribadi mereka yang ditulis ulang dalam bentuk notasi musik. Kata Elemental sendiri dipilih Elemental Gaze sebagai inti sari dari semua pembelajaran yang didapat ketika menjalani kehidupan dimana di dalam semua hal pasti ada the most basic things alias elemental tadi.

Tercatat ada 10 musisi tamu (termasuk Sigit “Tiga Pagi”) serta 1  paduan suara, Mahagotra ITB, yang mengisi keseluruhan komposisi di sini. Dibuka dengan “Aurora” yang merupakan sebuah track instrumental yang menampilkan Gardika Gigih, yang pernah berkolaborasi juga dengan Frau dan Banda Neira. Di sini instrumentalist muda berbakat ini bermain lepas dengan gitar akustik, suling bambu, cello, pianica, piano sampai alat musik timpani. Sejernih memandang kilatan aurora di lautan lepas yang menjadi tema dari artwork album ini.

Untuk keseluruhan album, Elemental seolah mampu membuat saya terduduk di lantai dan membayangkan sebuah perjalanan epic di lautan lepas dengan perahu kayu untuk menemukan dunia baru. Saya merasa diombang-ambing-kan ke kanan dan ke kiri, ke atas lalu ke bawah tanpa merasa perlu untuk bergerak sejengkal saja.

Penggunaan loops yang bertebaran di sini diimbangi pula dengan petikan gitar dan betotan bass dari beberapa kolaborator. Mereka juga tidak menabukan penggunaan drum analog di beberapa tembang semisal di “Let Me Erase You” atau “God Knows Why….” tidak hanya instrumentalia, album ini juga menyajikan spoken words, singing sampai paduan suara tari Kecak di Ngaben.

Dari beberapa band lokal yang mencoba mengemulasikan formula kesadaran musik pop dengan kedinamisan EDM, mungkin Elemental Gaze adalah salah satu-nya yang bisa berhasil menuangkan semua itu ke dalam Elemental. Bahkan jika album ini berani mengeksplorasi sound secara lebih luas, musik mereka tetap terasa serius dan tekun secara emosional. [WARN!NG/Indra Menus]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response