close

[Album Review] Gerard Way – Hesitant Alien

gerard
hesitant Alien
hesitant Alien

 

Gerard Way – Hesitant Alien

Warner Bros, Reprise

Watchful Shot: Action CatDrugstore PerfumeGet the Gang Together

[yasr_overall_rating size=”small”] 

Kalau Anda adalah penggemar My Chemical Romance dan berharap ada sedikit comeback dalam diri Gerard Way, lebih baik lupakan album ini. Hesitant Alien – seperti kovernya, Gerard Way nampak seperti alien yang sedang bingung – benar-benar menjadi alien yang meninggalkan kejayaan emo My Chemical Romance. Dan kalau mendengarkan sealbum penuh, Anda akan sadar mengapa ia disebut ‘hesitant.

Dalam debut solonya, skipper My Chemical Romance ini benar-benar sudah murtad dari Three Cheers for Sweet Revenge, The Black Parade, maupun Danger Days. Ia justru menyajikan musik yang benar-benar berbeda, dimana unsur gloomy rock dan britpop cukup kental dengan balutan gitar kabur yang masif. Untung saja suara Gerard masih cukup menonjol, walau terasa sedikit jemek.

Gerard membuka albumnya dengan “Action Cat”, lagu yang sedikit mengingatkan kita pada The Black Parade lewat power-pop yang cukup kabur. Hasilnya? Sama kuatnya dengan Gerard yang biasanya kita dengar di My Chemical Romance. Namun, ini hanya strategi dari seorang Gerard Way untuk menyampaikan pesan sesungguhnya.

Dalam perjalanan, ia langsung mengayunkan kapak kepada memori kita – dengan lembut, pastinya – lewat “No Shows” dan “Brother”. Begitu mendengar dua nomor ini, kita akan sadar bahwa Gerard Way sudah menginjak usia 37 tahun dan ia menyampaikan hal itu. Musiknya sudah menua atau memang ini passion sebenarnya? Setelahnya, ia menjaga alur dengan nomor-nomor yang renyah dan sedikit ceria, tapi ini hanya sebuah usaha untuk menyeberangi jurang di antara dua generasi, My Chemical Romance – yang lebih muda– dengan Gerard Way yang sekarang.

Para penggemar My Chemical Romance bisa sedikit terhibur dengan “Get the Gang Together” karena nomor ini menyuntikkan sedikit dentuman di penghujung album. “Zero Zero” yang ada beberapa baris sebelumnya juga cukup memberikan sedikit energi sebagai satu hal yang hampir tak ada dalam album ini.

Sangat disayangkan, setelah dibuka dengan nomor yang menjanjikan, Gerard Way terjun bebas nyaris ke batas akhir kepopuleran dan ia melempar jauh-jauh sosok emo-boy yang ia kembangkan dalam My Chemical Romance. Satu hal yang membuat penggemar mereka siap melempari tomat saat manggung.

Tapi kabar gembiranya, Gerard seperti menuangkan apa yang ia pendam selama ini. Memang sulit untuk menarik serta para penggemar My Chemical Romance, tapi ia mendirikan sebuah tonggak untuk karirnya sendiri. Sekali ia sudah mapan, tentu karya setelah Hesitant Alien bisa membuat orang-orang mendengarkannya. Toh, vokal Gerard tetap jadi gaman yang tangguh. Ia sudah berhasil menegaskan bahwa si emo-boy sudah tiada bersama My Chemical Romance.Sekali lagi, Kalau Anda adalah penggemar My Chemical Romance, lebih baik lupakan album ini. [Yudha Danujatmika]

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.