close

[Album Review] Glass Animals – Zaba

Glass_animals_zaba

Glass Animals – Zaba

Harvest Records (2014)

Watchful Shots : “Walla-Walla”, “Wyrd”, “Black Mambo”” and the rest 8 tracks.

[yasr_overall_rating size=”small”]

Glass_animals_zaba
Glass_animals_zaba

Bisakah Anda membayangkan rasanya berada di tengah hutan Amazon yang penuh keasingan dan hal-hal berbahaya? Jika tidak, maka Anda harus mencoba Glass Animals, band asal Oxford, UK ini akan menawarkan pengalaman tersebut melalui musik mereka. Setelah banyak membuat para music-buff merinding dalam Leaflings EP (2012) dan Glass Animals EP (2013), akhirnya mereka merilis album debut Zaba (2014) yang banyak mendapat raungan tentang betapa kerennya long-player ini.

Jika pernah mencicipi musik dalam EP Glass Animals dan merasa menikmatinya, Anda dijamin akan ketagihan dengan Zaba karena album ini akan membawa Anda berimajinasi lebih jauh ke rimba mistis yang diciptakan oleh Dave Bayley, Drew Macfarlane, Edmund Irwin-Singer, dan Joe Seaward. Dengan alunan sonik yang misterius, ketukan perkusi yang memanjakan telinga, dan breathy-vocal yang terdengar elusif; getaran semacam ini dapat membuat Anda tenggelam dalam fantasi. This is a whole new kind of flying.

Selain itu nomor-nomor dalam Zaba secara keseluruhan dapat dikatakan memiliki kualitas yang setara sebab hampir kesebelas lagu dibungkus dalam melodi menghipnotis dan lirik-lirik puitis. “Walla Walla” menjadi salah satu nomor menarik, dengan judul eksentrik dan lirik yang unik, lagu ini punya hooks yang luar biasa nikmat. Belum lagi “Toes” yang terdengar manis dengan ketukan drum ringan. “Hazey”, “Wyrd”, dan “Pools” juga sangat memikat. Satu lagi “Intruxx”, merupakan sebuah nomor instrumental dalam album ini yang siap membuat Anda merasakan amazonian-eargasm.

Dalam album ini terdapat tiga lagu dari EP sebelumnya yaitu “Black Mambo”, “Gooey”, dan “Cocoa Hooves”. Musik “Black Mambo” terdengar seperti ritual sebuah etnis tribal dengan perkusi lembut dan backing  vokal yang berat dan dalam, “Gooey” sangat slimy dan kenyal seperti judulnya, sedangkan “Cocoa Hooves” merupakan salah satu lagu Glass Animals yang paling magis dan sangat bisa dinikmati berulang-ulang. Meskipun tak bisa dipungkiri bahwa hampir keseluruhan musik Glass Animals memang dapat dinikmati terus menerus, entah mantra apa yang dirapalkan dalam setiap lagunya yang jelas Glass Animals punya zat adiktif yang belum bisa ditemui dalam band-band serupa. This band will definitely be enormous!

 

[dikirim oleh kontributor: Nisa Nuraini]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response