close

[album review] Koala – Di Antara

Koala
Koala

Koala – Di Antara

Yellow Records

Watchful Shot: Have You – Penari

[yasr_overall_rating size=”small”]

Satu lagi album pop manis tanpa koma yang dihasilkan oleh talenta Jogja. Petikan gitar manis, not-not piano yang lentik, dan vokal manja mendominasi sembilan nomor Di Antara. Musik dan liriknya ramah untuk didengarkan, dibarengi juga dengan musikalitas yang dalam. Tak banyak nomor yang mengeksploitasi kesedihan terlalu dalam. Semuanya mantap dengan suasana suka duka ringan dalam romansa cinta.

Di Antara dimulai dengan “Positive”. Nomor enerjik dengan variasi musik yang kompleks ini menyublim menjadi satu dengan semangat baik pada penulisan lirik. Saya pribadi akan mengira bahwa lagu ini terinspirasi dari POSITIVe, album Ecoutez yang rilis 2008 lalu. Nomor ini adalah jawaban akan POSITIVe yang sarat dengan patah hati. Lalu ada “Have You” dengan variasi vokal laki-laki dan perempuan dan petikan gitar yang menarik hati. Meski secara penulisan judul maknanya tak jelas, Anda akan mengerti bahwa ada kerinduan yang dalam antara sebuah pasangan ketika mendengar liriknya; “Don’t you realize that I’m here? / Standing by your side I’m waiting //”. Lalu ada “Adinda”, nomor yang dimainkan secara bossa nova.

Di nomor kelima ada “Penari” yang menggabungkan unsur etnik musik jawa dan pop modern. Cengkok khas sinden lagu tradisi Jawa dibawakan oleh vokal pop anggun. Bahkan di beberapa bagian lagu terdapat notasi yang biasa ditemukan pada gending-gending gamelan, diaransemen oleh piano dan gitar. “Penari” adalah kejutan terbaik yang bisa Anda dapatkan di album ini.

“Di Antara” menjadi sebuah ambiguitas yang tinggi. Menggunakan nama yang sama dengan judul album, sayang sekali jika nomor ini didaulat menjadi salah satu andalan lantaran tak begitu spesial. Memainkan musik cinta yang sendu, lagu ini cukup pantas dijadikan teman tidur di siang bolong.

Dua lagu terakhir ada “Lets’ Go!” dan “Round & Round” dengan musikalitas yang hampir sama—sama-sama enerjik dan paling keras dari album ini. Ada sebuah perbedaan yang mencolok dari dua lagu ini dibanding nomor lain. Secara keseluruhan, album ini memiliki eksplorasi musik yang bagus meski mereka masih harus meniti karir panjang. [WARN!NG / Yesa Utomo]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.