close

[Album Review] Morganostic – Paradox EP

Morganostic

Review overview

WARN!NG Level 7.7

Summary

7.7 Score

Label: Morganostic

Year: 2017

Watchful shot: “Shoa”, “To Conceive”, “Counterfeit Gods”

Akhirnya kurang lebih tiga tahun penantian itu telah sampai ujungnya. Setelah melepas single bertajuk “To Conceive” pada khalayak lewat kanal YouTube, Morganostic yang berisikan lima pemuda beringas secara sah merilis sebuah EP yang menurut saya paling mencuri perhatian tahun ini dan diberi tajuk Paradox.

Total berisikan 5 lagu yang padat akan ledakan energi khas arek-arek Suroboyo, Morganostic seolah-olah ingin mengajak para pendengar untuk menyimak track demi track untuk hanyut dalam EP ini. Langsung saja tanpa basa-basi dibuka oleh titel “Shoa” yang menurut saya lagu tersebut pantas untuk membuka pintu gerbang di EP ini. Perpaduan kombinasi riff gitar yang patah-patah dibuat sinkron dengan sinkupasi drum sehingga hentakan groove-nya lebih terasa. Kemudian synth yang diracik oleh Adhi Mistar ditambah vokal Ryo yang energik membuat track tersebut makin berbahaya.

Tetap konsisten bermain di area djent dan metalcoreParadox mayoritas dijejali oleh riff-riff gitar khas djent dengan distorsi tebal, high-gain, heavy palm-mute, tuning gitar rendah (low tuned), syncoped riff, polyrhythm, virtuoso soloing ke dalam rentetan blast beat metalcore ditambah synth untuk pemanis nada yang sudah tersusun sedemikian rupa; mengingatkan saya pada band-band seperti Meshuggah atau Periphery.

Lewat rilis persnya, Morganostic menyebut proses pengerjaan mini album ini terkendala oleh banyak hal. Mulai dari kesibukan, pergantian personil ditambah dengan minimnya komunikasi dengan sound engineer di album ini, Roman Kharyukov yang berada di Moskow. Meski digarap secara mandiri, Morganostic juga mempercayakan materi-materinya dipoles oleh beberapa rekannya, seperti Nurdin Firmansyah sebagai record engineer, Sinatrya Dharmawan sebagai music producer, juga Roman Kharyukov sendiri.

Secara keseluruhan saya sungguh menikmati track demi track yang disuguhkan oleh Morganostic di EP Paradox ini. Minimal bisa mengajak kepala bertempur headbang, di samping jangan sesekali melupakan track “To Conceive” yang nampaknya bakal jadi anthem di EP tersebut. [Kontributor/Yoga Radyan]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response