close

[Album Review] Nickelback – No Fixed Address

No_Fixed_Address_Cover_-_Nickelback_Album

No_Fixed_Address_Cover_-_Nickelback_AlbumNickelback – No Fixed Address

Republic

Watchful Shot : Edge Of Revolution
[yasr_overall_rating size=”small”]

 

Chad Kroeger (vokal) menuturkan jika album ini digarap tanpa pernah menetap di satu kota. Band asal Kanada ini bernomaden ria menyusuri Negeri Paman Sam di tengah penggarapan album ke delapan ini. Alasannya tak jelas. Mungkin mereka menghindari lemparan tomat busuk para haters yang memang tak kalah loyal dari fans mereka sendiri. Mungkin.

Khusus untuk haters, sepertinya kalian memang harus kembali bersiap ditampar (lagi) oleh band ini. Angka penjualan No Fixed Address sangat mungkin bakal menyaingi prestasi penjualan di album Here and Now yang merengkuh status platinum dengan penjualan dua juta kopi. Apalagi jika melihat isi album ini yang terkesan market oriented, yaitu dengan menjejalkan beragam warna musik yang tengah digemari.

Sebagai appetizer, dua nomor awal jelas menjadi pembuka yang menjanjikan. Nomor “Million Miles an Hour” dan “Edge Of Revolution” menjanjikan warna musik paten yang menjadi tipikal band ini. Riff gitar yang menonjol, bass yang tebal, dipadu dengan vokal berat dan serak, menjadi paduan yang cukup pas. Pula, nomor “Edge Of Revolution” yang berbicara menentang NSA (National Security Agency), CIA, dan Wall Street terasa begitu anthemic.

Sayang sekali, pembuka yang menjanjikan ternyata tak berlanjut hingga album ini dilahap habis. Anggaplah main chorus album ini adalah menyantap gado-gado. Banyak sekali unsur dan warna musik yang terasa kontras dijejalkan disini. “What Are You Waiting For” menjadi tembang lanjutan dengan irama pop yang catchy dengan lirik klise yang tak cukup inspiratif. Dilanjutkan dengan “She Keeps Me Up” dengan irama dance-rock, lalu lagu cinta dengan irama pop di “Satellite” dan “Believe”. Ada baiknya Anda jangan berharap banyak bakal tersentuh dengan lirik di dua nomor ini, kecuali jika Anda masih remaja SMP atau SMA. Lirik lagu ini terasa memaksakan rima dan kesesuaian nada, urusan makna lupakan saja. Lanjut, nikmati nuansa Texas-Roadhouse di nomor “Get ‘Em Up”, lalu kolaborasi Chad dengan rapper Flo Rida di nomor “Got Me Runnin’ Round”.

Jelas sudah, No Fixed Address tengah menyasar sebanyak mungkin pasar pendengar. Satu keputusan yang saya pikir bakal mempertegas posisi antara Nickelback dan haters-nya. Antara band yang tetap tutup kuping dan terus berkarya, melawan haters yang selalu punya alasan baru untuk tetap menghujat karya mereka.

Terakhir, pinjam saja petikan lirik “Edge of Revolution”, “We won’t give up/ We won’t go away/No, we don’t want to hear another word you say”. Lirik yang sepertinya cocok untuk dinyanyikan serempak antara Nickelback bersama fans dan para haters. [Umar Wicaksono]

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.