close

[Album Review] Patas – Live On Rock Siang Bolong 2015

patas cd
patas
patas

Record Label: Self release (2015)

Watchful Shot: “Dikenyot”

[yasr_overall_rating size=”small”]

Perhatikan, ini bukan Patas band asal Malang yang itu walaupun musik yang mereka mainkan hampir mirip. Empat orang pemuda ini berasal dari skena kampus seni ISI Yogyakarta yang mengeksplorasi musik fast hardcore thrash dengan sentuhan seni yang mereka kuasai. Hal tersebut bisa dilihat dari artwork kover yang membalut kemasan piringan CDR dan kaset demo mereka ini.

Mengusung jargon ‘Speed Commercial Break 99% Speed 1% Skill’, keseluruhan 5 lagu yang ada di demo CD mereka ini hanya berdurasi 4 menitan dengan masing masing lagu seakan haram untuk menyentuh angka 1 menit. Seperti hal nya sebuah jeda iklan yang menyelip di antara program sebuah acara TV, komposisi mereka terkesan remeh walaupun dari segi lirik, pendengarnya tak akan bisa memalingkan muka dari humor yang tersedia.

Taruhlah lagu “Dikenyot” yang lirik hanya berupa sebaris kalimat “nyot dikenyot nyot, dikenyot bocah” yang  berulang diantara deru stagnan musik yang mengiringi. Atau ketika mereka berkomat kamit melantunkan “laa ilah ha illallah” pada lagu “Doa Rock”. Juga judul lagu yang lain semacam “Awekawek”, “Maling Pitik” serta “Pucuk” yang liriknya kebanyakan cuma satu atau dua baris kalimat saja. Hilarious!

Demo yang direkam saat mereka bermain di Rock Siang Bolong (salah satu pagelaran musik terbesar di kampus ISI Yogyakarta) ini tentu tidak menyajikan kualitas lagu yang maksimal akan tetapi semua part mulai drum, bass, gitar serta vokal dan backing vokal masih bisa terdengar jelas. Sehingga kita merasakan energi yang terpancar di setiap live performance band ini, penuh canda tawa dan singalong part.

Awalnya saya pikir band ini hanya akan berkutat di skena seni saja, bermain di acara pembukaan pameran atau acara internal kampus mereka. Akan tetapi ternyata band ini mau juga bermain di luar lingkaran mereka dan hasilnya pun bisa membuat mosh pit area menjadi semakin meriah. Sayangnya, rilisan demo yang tersedia dalam versi CDR (hanya 6 pcs) dan kaset (30 pcs) ini sudah habis terjual dalam waktu singkat. [WARN!NG/Indra Menus]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response