close

[Album Review] Psycroptic – Psycroptic (Self Titled)

Psycroptic-Psycroptic

Psycroptic – Psycroptic

Watchfulshot : The World Discarded, Cold, Setting The Skies Ablaze

Label: Prosthetic Records

[yasr_overall_rating size=”small”]

Psycroptic
Psycroptic

Mengisi daftar discography menjadi enam hitungan, Psycroptic tak membaptiskan nama pada artwork kover album, self titled orang menyebutnya. Berisi sembilan ikatan rangkaian nada yang rumit ala technical deathmetal, mereka tampil semakin dewasa. Masih dengan format empat sekawan yang nyaris solid, album mereka dibuka dengan nomor “Echoes to Come”. Sayup-sayup nada khas arabian dipetik sebelum disambung dengan riff-riff yang kejam. Meluncur tiga lagu melewati “Ending”, “A Soul Once Lost”, hingga “Cold”, aroma album The Inherited Repression masih membayangi, namun dengan tarikan vokal Jason Peppiatt yang sedikit berbeda.

Rangkaian nada dengan riff dan tarikan yang hampir seragam, nampaknya memang sengaja diatur sebagai identitas band mereka. Joe Haley yang hanya sendiri memetik “senjata senar enam”, tak terlihat bercela dalam nada-nada yang dirangkainya. Ditambah lagi dengan Dave Haley, sang adik yang skill-nya sungguh tidak biasa dalam menghajar drumset, Psycroptic memang harus diberi apresiasi lebih. Memasuki area nomor “Setting The Skies Ablaze”, sentuhan grindcore coba dilekatkan sejak detik pertama. Enam belas tahun lebih berkarir jelas semakin mematangkan musikalitas mereka. Setelah digempur dengan tempo tinggi sejak nomor pertama diputar, ”Ideals That Won’t Surrender” dan “Sentence Of Immortality” memberi celah untuk sedikit rileks. Dirancang pelan namun masih padat dengan aliran double pedal dan petikan gitar yang sangat sulit dimainkan para amatir, kedua rangkain nada itu langsung ditinggalkan oleh laju nomor selanjutnya yaitu “The World Discarded” yang dirancang ngebut.

Ditutup dengan “Endless Wandering” album ini serasa masih belum memenuhi kepuasan. Bukan karena kualitas yang buruk, akan tetapi sembilan rangkaian nada yang sudah disuguhkan, dirasa belum cukup memenuhi kehausan akan karya Psycroptic yang epic. WE CRAVE FOR MORE ! [WARN!NG/Bayu Pratama]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response