close

[Album Review] Skandal – Sugar EP

Skandal – Sugar

Review overview

WARN!NG Level 7.4

Summary

7.4 Score

Label: Yellow Records

Watchful Shot: “Sugar,” “Superfine,” “Sidewalk Song”

Year: 2016

Keluaran pertama Skandal sejak berdirinya di tahun 2011 dalam rupa entitas pendek yang rilis akhir tahun lalu ini membawa kita lebih jauh ke belakang. Saat-saat power-pop dan indie-rock melalang buana di medio 90’an, ketika MTV menjadi referensi penting juga harga kaset pita tidak sampai Rp.10.000,- an. Paling tidak, gambaran seperti ini yang diturunkan dari seorang sepupu dekat yang jauh lebih tua usianya daripada si penulis. Sedang bagi para millenials mengalami artefak turunan indie-rock saja sudah cukup menggembirakan kala itu, kini Skandal dengan Sugar EP telah sedikitnya urun menggenapi pemunculan ulang pengalaman kilas balik tadi.

Cakram padat Sugar EP dengan kover depan berisi doodle dari goresan tangan sang gitaris, Robertus Febrian Valentino (Robert) yang dirilis di bawah naungan label asal Yogyakarta, Yellow Records ini juga direncanakan untuk rilis dalam format kaset pita di bawah label Jakarta, Winona Tapes.

Ia dibuka dengan nomor tertua Skandal bertitel sama dengan EP, ”Sugar” dengan permulaan kegirangan serampangan jangly khas alt-rock. Dilanjut “Superfine” dengan hook pada reffrain yang terlalu catchy untuk tidak dinyanyikan, dalam balutan matang riff-riff a la J Mascis. Di nomor ketiga, Skandal memberi kebaruan lewat nomor dengan lirik berbahasa Indonesia. Jika sebelumnya Yogha Prasiddhamukti mengisi lini vokal utama, kini Robert sebagai penulis mengambil alih mic dengan kisahan akan romantika bersama kekasihnya. Ada sentuhan slacky-way-of-singing serupa Jimi Multhazam dalam Morfem yang tersurat di “Stay Slay Slack” dan sentuhan manis vokal sekunder Gusti Arirang –eks frontwoman Chick and Soup (unit folk-pop Yogyakarta).

Sebelum ditutup dengan “Sidewalk Song,” belum ada kejutan lebih yang ditawarkan oleh Skandal. Sugar EP telah cukup manis ketika disajikan dalam sebuah live-gigs berskala mini; lirik singable, juga birama dentuman genap yang tidak akan mengecoh kalian sewaktu-waktu ketika sedang berdansa. [WARN!NG/Dwiki Aprinaldi]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response