close

[Album Review] Sugar Bitter – Spark Plug

sugar bitter – spark plug
spark plug
spark plug

Record Label: Social Geeks Records (2016)

Watchful Shot: “Casket Of Cosiness”

[yasr_overall_rating size=”small”]

Tidak ada ekspektasi apapun yang bisa saya munculkan ketika membuka kemasan digipack album Sugar Bitter ini. Pun ketika melihat artwork album dominan hitam glossy yang penuh foto sekilas mirip batu akik. Sementara lyric sheet yang lebar memanjakan mata saya untuk menelusuri irisan kalimat-kalimat yang tersedia. Di balik lembar lirik terdapat juga foto-foto potongan batu akik tadi (juga di permukaan CD) yang membuat saya berfikir, apakah ini katalog batu akik?

“Casket of Cosines” sukses menarik pendengaran saya saat menekan tombol play dengan awalan yang mengingatkan saya akan ekspresi dan mood yang pernah dibawakan oleh Ian Curtis cs. Sebagai penggemar “Love Will Tear Us Apart”, tentunya saya tertarik untuk mengulik lebih lanjut tembang 6 menitan ini. Apalagi dengan ketukan drum, bass line dan melodi gitar yang khas itu. Wah ini nih! Hingga kemudian setelah menit pertama Sugar Bitter mendadak berubah wujud menjadi Arctic Monkeys. Sungguh saya tertipu!

Sepuluh tahun sudah sejak debut Whatever People Say I Am. That’s What I’m Not dirilis tapi tampaknya bagi sebagian orang, album ini masih terasa segar seperti saatnya keluar pertama kali. Antusiasme band ini sangat menular sementara lirik mereka tidak terasa ironis sampai sekarang. Dan selama 10 tahun, album ini masih bisa berdiri tegak serta masih menjadi salah satu debut album rock terbaik.

Pada dasarnya musik yang dibawakan Arctic Monkeys adalah punk rock dengan sentuhan klasik  british rock. Kamu bisa merasakan bau punk-Ffunk ala Franz Ferdinand, aroma nakal-nya Sex Pistols, irama The Stone Roses juga melodi The Beatles. Dari The Strokes mereka meminjam efek vokal yang terdistorsi sementara The Libertines meminjamkan sedikit polesan ska pada pondasi rythm-nya.

Ohya, tadi saya sedang bicara tentang Sugar Bitter ya, bukan Arctic Monkeys. Tapi mungkin karena kesamaan musik mereka, saya bisa copy-paste semua ulasan tentang Whatever People Say I Am. That’s What I’m Not ke dalam kolom ulasan Spark Plug ini. [WARN!NG/Indra Menus]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.