close

Alunan Melodi dari Langit Barat Sumatera

IMG_1802

Dwi Bulan Putri, gadis manis kelahiran Bukittinggi ini benar-benar membuktikan kecintaannya pada musik. Selain kemampuannya dalam memainkan gitar, tak jarang ia juga menciptakan lagu.Gadis berusia 20 tahun ini  juga sempat menjadi vokalis dalam band yang digawanginya.

Sebagai salah satu fan penyanyi multitalenta, Agnes Monica, Bulan percaya bahwa musik Indonesia dapat terus berkembang dan dapat go international seperti artis idolanya. Cerita, pengalaman, dan harapannya tentang musik terutama musik Indonesia dapat kita simak dalam rubrik Warning Lady edisi kali ini. So guys, fasten your seat belt, and we’re ready to flow with her rythem and beauty!

 

 

Dwi Bulan Putri  © Warning
Dwi Bulan Putri © Warning
Dwi Bulan Putri  © Warning
Dwi Bulan Putri © Warning
Dwi Bulan Putri  © Warning
Dwi Bulan Putri © Warning
Dwi Bulan Putri  © Warning
Dwi Bulan Putri © Warning
Dwi Bulan Putri  © Warning
Dwi Bulan Putri © Warning
Dwi Bulan Putri  © Warning
Dwi Bulan Putri © Warning
Dwi Bulan Putri  © Warning
Dwi Bulan Putri © Warning
Dwi Bulan Putri  © Warning
Dwi Bulan Putri © Warning
Dwi Bulan Putri  © Warning
Dwi Bulan Putri © Warning

Hi Bulan, you look so beautiful in this session, bisa kamu ceritain darimana asal senyum manis itu?

Hai dear, aku berasal dari kota sederhana yang sejuk dan nyaman yaitu Bukittinggi, Sumatera Barat. Senyum ini kayanya berasal dari perpaduan Bukittinggi dan Tasikmalaya, asal papa dan mamaku.

Kamu sangat nyaman difoto ya? Sudah sering difoto sebelumnya?

Iya, selain bermusik, aku juga model di beberapa session pemotretan di kota aku. Hitung-htung ngisi waktu senggang selesai kerja. Aku aktif di dunia model sejak SMP. Tapi rutinnya waktu SMA. Kalo sekarang kadang masih ada tawaran, tapi ga diambil semua karena udah kerja.

Kamu terlihat menawan saat difoto dengan membawa alat musik, bisa memainkannya?

Aku paling suka main gitar. Apalagi saat aku jenuh, capek, sedih, seneng. Gitar itu udah kaya pacar keduaku yang setia dampingin aku. Dengan gitar, timbul semangatku untuk ciptain lagu-lagu. J

sejak kapan bisanya? Belajar sama siapa?

Aku bisa main gitar sejak SMP. Abangku yang ngajarin, namanya Bintang. Kalo abangku ini jago banget metik gitar. Abang juga sering ciptain lagu. Kami sama-sama suka musik pop dan slow rock kaya Guns ’n Roses, Air Suply, dan masih banyak lagi deh.

Ada yang bilang cewek pegang gitar itu sexy, menurutmu gimana?

Sexy? Mmm… gimana ya? Sebagian orang mungkin berpandangan seperti itu. Bisa jadi karena ga semua cewek bisa main gitar kali ya? Makanya cewek yang main gitar itu dibilang sexy.

Kalau begitu definisi sexy menurutmu apa deh?

Sexy itu bagaimana kita bisa memancarkan pesona yang ada dari dalam diri kita lewat kelebihan-kelebihan atau bakat-bakat kita dan menampilkannya dengan positif. Simpel aja. J

Nah klo cowok yg megang gitar atau main alat musik lainnya gimana menurutmu? menarik ga?

Wow! Cowo yang main alat musik itu keren banget. Aku suka banget. Serunya lagi, aku deket sama cowok yang sangat mencintai musik, drummer keren di kota aku. Namanya Harri Rahmatdani. Kalo dia udah main drum, huft, meleleh. Harri paling bisa bikin aku terpesona kalo dia udah main drum atau nyanyi. Suara dia oke juga ternyata. Hehe. Aku sama Harri kalo udah ketemu suka main band bareng, karaokean bareng, bikin lagu bareng, dan kami bikin lagu tentang ungkapan perasaan kami. Dia bikin syair, aku yang aransemen. Seru deh!

Wah, yang tadi bisa bikin fansmu sedikit kecewa nih, hehe. Btw, musik kayaknya udah jadi salah satu hal penting ya? Bisa ceritain?

Aku terlahir dari keluarga yang mencintai musik. Musik adalah coffee buat kami. Pagi bangun tidur ataupun saat kumpul-kumpul keluarga, pasti main musik atau dengerin musik. Mama aku suka banget nyanyi. Dulu waktu masih muda, mama pernah punya band juga. Nenekku dulu juga penyanyi solo di daerah aku. Abangku jago main gitar. Kemampuan gitar melodinya keren. Jago nyiptain lagu, dalam waktu 1 jam aja selesai plus aransemennya. Adek perempuanku juga suka banget nyanyi walaupun ga di depan umum. Lengkap sudah hidupku dikelilingi orang-orang yang juga mencintai musik. Music is my life. Entah apa jadinya dunia ini kalo ga ada musik.

Dulu waktu sekolah, aku sering ikut festival band di kota aku. Kadang ngisi acara juga. Posisiku sebagai vokalis. Nah, sebagai vokalis kan harus punya rasa percaya diri yang tinggi. Tiap ada acara, aku paling sering dan paling suka nyumbangin lagu. Selain bisa ngehibur diri sendiri, aku juga bisa ngehibur orang banyak. Menyenangkan banget lah buat aku.

Terus saat ini kamu lagi sering dengerin apa nih?

Aku lagi suka dengerin lagu yang dinyanyiin sama penyanyi favorit aku, Sammy Simorangkir, Afgan, dan si cantik multitalenta, Agnes Monica. Mereka super keren deh pokoknya!

Did you know something about korean wave? Gimana menurutmu?

Menurut aku, musik Korea sekarang ini lagi mendobrak musik dunia. Dimana-mana banyak yang suka musik Korea. Sampe anak-anak pun suka dengerin lagu-lagu Korea. Tapi tanpa ngelupain musik Indonesia pastinya. Indonesia tetep the best.

Do you like it?

Aku kurang suka musik Korea. Mungkin karena ga ngerti kali ya. Hehe.

Dengan musik Indonesia bagaimana menurutmu perbandingannya?

Kalo buat aku, musik Indonesia itu top-top banget. Apalagi sekarang udah banyak penyanyi tanah air kita yang go international. Ya seperti penyanyi favorit aku, Agnes Monica. Jadi bagi aku, musik Indonesia itu tetep yang paling unggul.

Kalau musik tradisional di Indonesia, bagaimana kamu memandangnya?

Musik tradisional ga kalah asyik. Ga kalah sama musik-musik modern. Dan kita sebagai yang muda seharusnya bisa ikut melestarikan musik-musik daerah biar musik daerah ga punah. Ga ada salahnya kan melestarikan budaya kita sendiri. Go guys! J

Kamu sendiri suka ga sama musik daerah?

Aku suka karena aku bisa ngerti maksud-maksud dari setiap syairnya. Dan lagi, musik tradisional pada umumnya menceritakan tentang arti dan nilai kehidupan. Bukan cuma lagu tentang percintaan.

Jika kita bicara industri, kamu lihat industri musik saat ini bagaiamana? Mendukung ga buat kita berkembang?

Kalo pandangan aku tentang industri, kalo bisa lebih dikembangkan lagi. Jangan hanya terfokus buat mengangkat musisi-musisi di kota-kota besar aja. Karena, kota-kota kecil juga melahirkan musisi-musisi yang sangat berbakat dan ga kalah sama musisi ibukota. Kadang malah bakatnya ga terduga, melebihi  musisi-musisi yang udah terkenal.

Kalau musisinya sendiri?

Buat pemusik ataupun musisi Indonesia, selalu berikan yang terbaik untuk negara kita Indonesia dengan cara terus berkarya. Selalu tunjukkan kemampuan yang dimiliki. Ga ada kata “The End” dalam karya-karya anda. Karena, banyak penikmat musik yang selalu setia menanti karya-karya anda selanjutnya. Terus berkarya untuk bangsa.

Berbicara tentang pendengar musik Indonesia, apa sih yang kamu lihat saat ini?

Kalau pendengar musik Indonesia sekarang yang aku lihat sudah maju dan terus berkembang. Jangan sampai nyerah juga sih kalau buat maju dan berkembang, kan orang Indonesia ga kenal kata menyerah sejak zaman penjajahan. Hehe. Tapi, akan lebih maju jika dapat menghasilkan musisi-musisi handal yang mungkin kita belum pada tahu. Misalnya band-band daerah, pengamen, dan sebagainya. Tanpa kita sadari, mereka bisa lebih keren lho. Apalagi di daerah aku itu excited banget kalo ada acara band-band-an, festival pencarian bakat. Bakat-bakat yang ada tuh keren-keren banget, ga diduga-duga gitu.

Mumpung berada di penghujung bulan, apa junewish Bulan buat musik kita kedepanya? 

Simpel aja sih. Jangan pernah lupakan bakat anak Indonesia. Ini rumah kita sendiri. Apa yang ada di dalamnya patut diapresiasi dan diberi kesempatan sebagaimana mestinya. Terus kembangkan musik Indonesia!

Okai, trima kasih bulan. Have nice June! 

 

Foto  : Angelina Sawitri & Putri Evda

Teks  : Tjok Khresna

Model : Dwi Bulan Putri (@Bulan_Harry)

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response