close

ArchiE Lepas Head To Heart Sebagai Album Perdana

archie
archie
archie

Setelah sembilan tahun berkarya, akhirnya ArchiE merilis album perdananya. Album yang bertajuk Head to Heart ini dirilis pada Rabu, (17/8) lalu. Unit indie pop asal Palembang ini bekerja sama dengan Rimauman Music sebagai distributor rilisan fisiknya. Single pertamanya, “After The Rain”, juga sudah dapat didengarkan dan diunduh di kanal Soundcloud resmi Rimauman Music. Rilisnya album ini menunjukkan usaha pembuktian nyata keseriusan ArchiE dalam perjalanan musiknya yang tak singkat.

Head to Heart dikerjakan atas desakan dan semangat dari para pendengar ArchiE. Proses penggarapan album ini dimulai sejak pertengahan 2015, dimulai dari pemilihan lagu, hingga proses pengerjaan recording guide yang dikerjakan sendiri, sebelum akhirnya memulai proses rekaman yang dilakukan di AD Studio, Palembang. Produser dan mixing/mastering engineer album ini adalah Jemi Delvian, yang sempat tercatat sebagai musisi pendukung beberapa band seperti Semakbelukar, Palembang Anita, dan kini berada dalam jajaran personil band Hutan Tropis.

cover archie
cover archie

Awalnya, ArchiE hanya berniat untuk merilis album mini saja. Namun, ternyata dalam penggarapannya, mereka malah menambahkan Sembilan buah lagu sehingga jadilah sepuluh buah nomor yang ada dalam album penuh Head to Heart. Lagu-lagu tambahan ini ditulis sejak bulan November 2015 hingga Maret 2016, serta memasuki tahap produksi pada Juli 2016. Terlepas dari sedikit banyak nuansa yang tertangkap oleh grup yang mungkin kemudian mempengaruhi kreasinya, album ini bermakna sangat personal bagi para personilnya. ArchiE, dalam rilis persnya, berharap semoga Head to Heart dapat menjadi awal yang segar bagi karya-karya mereka selanjutnya.

ArchiE adalah Sari (vocal, kazoo), Ilal (gitar akustik, piano), Dedy (gitar elektrik dan strings), Wawan (bass), dan Rifal (drum, perkusi). Unit ini awalnya terbentuk dalam format duo pada tahun 2007, yang kemudian bertransformasi menjadi sebuah band karena tambahan tiga personil lainnya. Nama band ini dicetuskan oleh Ilal yang menyukai kartun dan komik, dimana ‘ArchiE’ berasal dari nama komik Amerika. Mereka tercatat pernah menjadi band pembuka konser Payung Teduh, SORE, dan juga mengisi line-up ajang Road to Soundrenaline dan festival musik tahunan Musifest di Palembang. Beberapa single yang sempat dirilis ArchiE adalah “Kau Tahu Apa”, “Honey”, “Tapi Aku Malu”, “Aku Lucu”, dan “Remaja”. Terlepas dari proses rekamannya yang dilakukan sederhana di kamar, lagu-lagu ini mendapat apresiasi yang cukup baik dari stasiun radio lokal yang memiliki program indie. [WARN!NG / Oktaria Asmarani]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response