close

[Album Review] Au Revoir Simone – Move in Spectrums

Au Revoir Simone

 

Au Revoir Simone

Au Revoir Simone – Move in Spectrums

Genre: Indie Pop/ Electronic

Label: Moshi Moshi Music

Tanggal Rilis: 23 September 2013

[yasr_overall_rating size=”small”]2

Fresh, santai, electronic, darkish, female vocalist, bouncy, fun, bisa sing along, bagi saya apalagi kalo bukan Au Revoir Simone. Beberapa waktu lalu band ini baru saja meluncurkan album studio keempatnya berjudul Move in Spectrums. Album ini merupakan album pertama mereka setelah break paska rilis album sebelumnya, Still Night, Still Light. Tak heran jika jangka waktu album ini dengan album sebelum lebih lama dua kali lipat dari biasanya, Au Revoir Simone membutuhkan waktu empat tahun dari album Still Night, Still Light yang rilis pada 2009 silam. Di album-album sebelumnya, Au Revoir Simone memang sangat konsisten dengan jenis musik yang mereka anut. Walaupun karya-karya mereka memang bukan karya yang “wah,” tetapi musik mereka tetap menyenangkan untuk didengarkan dan tidak termakan waktu.

Album ini berisikan total 11 lagu. Album ini dibuka oleh “More Than”, lagu yang bernuansa agak disco yang lebih disco dari Au Revoir Simone yang biasanya. Lagu ini jadi mengingatkan saya dengan musik Ladytron namun dengan vokal yang catchy ala Au Revoir Simone. Lagu kedua, “The Lead Is Galloping”, tetap bernuansa disco namun lebih darkish dan tetap catchy. Lagu ini diisi dengan part drum yang tebal dan vokal tegas. Dilanjut dengan lagu yang cukup slow, “Crazy”. Walaupun liriknya berisikan keluh kesah terhadap teman-temannya, lagu ini dikemas dengan fun, santai dan sangat indie. Lebih pelan lagu, “We Both Know”, lagu bernuansa sedih dengan mayoritas instrumen gitar elektrik yang berirama, keyboard dan drum effect yang stagnan. Kemudian tempo dinaiikan sedikit dengan nuansa darkish yang hampir mendekati shoegaze pada lagu “Just Like a Tree”. Di lagu “Somebody Who”, saya mulai merasakan musik elektronik tipikal m83, ada feel seperti “Kim & Jessie” dari m83. Di lagu selanjutnya, “Gravitron”, saya makin merasakan perubahan yang dilakukan Au Revoir Simone karena lagu ini bernuansa disco kental dengan tempo rendah. “Boiling Point” malah berisikan vokal dan full effect, sangat m83. “Love You Don’t Know Me” juga lagu yang memiliki instrumen dan bahkan lirik yang lebih stagnan daripada “We Know Both”. Saya juga heran, “Hand over Hand” merupakan 5 menit yang tidak “menyenangkan”, tidak fun dan fresh seperti Au Revoir Simone yang biasanya. Lagu terakhir, “Let the Night Win”, juga bukan seperti Au Revoir Simone. Walaupun nada keyboard yang “berwarna,” lagu ini dibuat menjadi darkish. Secara keselurahan saya cukup kaget dengan musik mereka yang cukup berbeda di album ini.

Sebenarnya jika dilihat secara musikal tanpa membawa latar belakang Au Revoir Simone, album ini memiliki suara yang cukup bagus. Seperti lagu “We Both Know”, “Just Like a Tree”, “Hand over Hand” dan “Let the Night Win”. Empat lagu tersebut memiliki satu nuansa yang baru, yaitu nuansa distorsi yang bisa menjadi karya yang cukup menarik jika rekaman difokuskan pada nuansa musik ini. Tapi pendengar Au Revoir Simone saya kira akan pusing jika nuansa distorsi ini masuk dalam komposisi Au Revoir Simone. Jadi jelas, nuansa distorsi yang terlalu mendominasi ini cukup mengikis kesan bouncy, fun dan santai yang ada pada musik Au Revoir Simone sebelumnya.

Jika di akhir album kita merasakan nuansa distorsi, di bagian awal album kita dapat mendengar nuansa disco dan fun. Nuansa ini cukup similar dengan nuansa Au Revoir Simone di album-album sebelumnya, hanya saja nuansa disco-nya lebih terasa. Walaupun cukup disco, saya menyarankan Anda, yang ingin mendengar album ini, lagu-lagu seperti “More Than”, “The Lead Is Galloping” dan “Crazy”. Tiga lagu tersebut menurut saya lagu-lagu yang khas Au Revoir Simone karena fresh, fun dan bouncy. Overall, album merupakan album yang cukup bagus dengan adanya keragaman dan nuansa yang baru, yang dibawa oleh Au Revoir Simone. [WARN!NG/Revta Fariszy]

 

Tags : au revoir simone
warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response