close

Bandung Zine Fest Kembali Digelar Tahun Ini

Bandung Zine Fest 2016
Bandung Zine Fest 2016
Bandung Zine Fest 2016

Gelaran akbar bagi pegiat dan pencinta zine bertajuk Bandung Zine Fest akan kembali diselenggarakan pada 2016 ini. Rencananya, helatan tersebut akan berlangsung pada 27 Agustus 2016 di Spasial, Gudang Selatan, Bandung. Acara tersebut terbuka bagi siapa saja. Penyelenggara Bandung Zine Fest 2016 mengundang berbagai elemen untuk terlibat dalam acara ini. Zinemaker, distributor zine, penerbit buku independent, dan artis independent dipersilakan mengirimkan karyanya hingga 30 Juni 2016 untuk kemudian dikurasi terlebih dahulu karena keterbatasan tempat.

Deden Erwin Suherman, penyelenggara Bandung Zine Fest menuturkan bahwa ide awal tercetusnya Bandung Zine Fest adalah untuk menggelar gathering sederhana antar zinemakers yang selama ini hanya aktif berinteraksi lewat media sosial maupun melalui barter zine antar para pembuat zine itu sendiri. “Iman (Distraction Zine, Bandung) dan Icha Suricha (Seputar Berputar Zine, Bandung) adalah dua orang pertama yang mempunyai ide sederhana tadi hingga muncul konsep untuk dibuat menjadi lebih serius dan sedikit lebih besar, dalam artian skala jangkauan acaranya nasional. Dan akhirnya, sepakatlah untuk membuat Bandung Zine Fest pada tahun 2012,” ujar Deden.

Bandung Zine Fest 2016 merupakan helatan ketiga setelah pada 2012 dan 2013 lalu sukses diselenggarakan. Pihak penyelenggara berharap, acara ini dapat menjadi sebuah pelecut semangat bagi pegiat zine untuk terus produktif di tengah kemudahan untuk mendapatkan asupan informasi. Akun resmi Bandung Zine Fest 2016 bisa diakses melalui Twitter dan Instagram. [contributor/Galang Aji Putro]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.