close

Bayu Santoso: Harimau Indonesia Di Cover Album Maroon 5

20141011133120-1-artwork-maroon-5-karya-bayo-gale-001-agib-tanjung
"V", desain cover karya Bayu Santoso
“V”, desain cover karya Bayu Santoso

Sebuah karya musik memang tidak dapat dipisahkan dengan karya visual. Contoh yang paling sederhana adalah cover sebuah album. Bagaimana sampul kemasan ini mewakili pesan yang ingin disampaikan kreator sebelum calon pendengar memutar lagu-lagu di dalamnya. Interpretasi dari lirik, judul album dan tema besar sebuah album biasanya menjadi landasan pikir untuk mendesain.

Indonesia, dan Jogjakarta khususnnya boleh berbangga. Akhir-akhir ini media sosial digemparkan oleh berita membanggakan. Prestasi anak bangsa di kancah internasional yang melahirkan senyum bangga. Sedikit penawar setelah menenggak racun berita politik bangsa.

Bayu Santoso (20), mahasiswa semester 3 DKV ISI Jogja ini berhasil menjawab tantangan kelompok musik kawakan, Maroon 5. Bayu berhasil memenangkan kontes desain album V milik Maroon 5 yang bertajuk Creative Allies. Seperti yang telah diunggah di akun resminya, band asal Los Angeles, California ini mengumumkan kabar gembira tersebut.

Bayu Santoso
Bayu Santoso

 

 

Sebelumnya selamat ya atas kemenangannya. Nah tentang karyanya tentu sudah banyak yang tahu, tapi belum banyak yang tahu tentang event nya. Bisa diceritakan?

Seperti kontes-kontes desain biasa aja sih menurut saya, semua orang bisa ikut, dari berbagai negara.

 

Yang ngadain official Maroon 5?

Iya , saya lihat infonya dari mereka, kerja sama barengan semacam web design gitu.

 

Terus motivasimu ikut ini apa? Niat ikut lomba beneran, iseng, atau memang ngefans sama Maroon 5?

Kalau ini saya beneran niat, saya suka Maroon 5, dan pasti kalau bisa bikin cover buat mereka, bukan cuma saya yang bangga, orang sekitar pun pasti juga bangga.

 

Ya, kelihatan niatnya kok mas, semua fans Maroon 5 bangga atas kemenangan itu. Oke, kita masuk ke karya ya.. Kalau mas sendiri, ngasih judul apa sama karya itu?

V , saya pengen menggambarkan karya saya sebagai album itu sendiri.

 

Oh jadi judul karya itu juga sengaja disamakan.Fans berat sepertinya. Haha lanjut soal ide, Ide awal dalam karya itu apa? Bisa dijelaskan filosofinya?

Jadi cover ini ya album ini, gitu sih niat saya. Sebenernya saya cuma mikir gimana caranya bikin sesuatu yang beda dari yang biasannya saya bikin. Terus soal huruf V itu kan emang ketentuan dari Maroon 5 nya. Kalau soal harimau, kayaknya sosoknya keren aja gitu terus juga misterius, dan Maroon5 nyaranin buat bikin cover yang kita sendiri suka, jadi kayak bikin cover buat kita sendiri. Dan saya suka sama harimau, cheetah, dan sebagainya.

 

Sepintas seperti ada hubungan dengan single Animals”, atau seperti apa mas?

Iya mas, saya tau single itu tapi sumpah saya gak mikirin itu pas bikin hahaha, saya mikirnya harus bagus, harus keren aja gitu.

 

Dan hasilnya memang keren, pas juga sama “Animals”! oke, last question Mas Bayu, yang jadi pertanyaan banyak orang. Dapat hadiah apa ini?

Besar banget, designer indonesia jadi dilirik, banyak yang support, rasa bangga, koneksi meluas, merchandise Maroon 5, 2 tiket dimanapun Maroon 5 mengadakan konser, dan uang yang kayaknya nggak usah dsebutin, hehe

 

Karya yang menarik, serta membanggakan dari Bayu Santoso. Semoga desainer-desainer muda Indonesia berkembang dan berpengaruh di dunia. Congrats!

 

Interview by: Sandy Nugraha

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.