close

[Album Review] Behemoth – The Satanist

behemoth the satanist
the satanist
the satanist

Behemoth – The Satanist

Nuclear Blast / Metal Blade

Watchful Shot: Amen Messe Noire

[yasr_overall_rating size=”small”]

 

Penantian waktu selang munculnya kitab nada baru dari Behemoth telah usai. Lima tahun setelah menetaskan kelahiran Evengelion pada 2009, band aliran ‘hitam’ inipun menambah jilid koleksi keping titahnya untuk yang kesepuluh kalinya. Ditata dalam sembilan buah ikatan rangkaian nada, tak ada pula sinar terang tentang warna lain, selain hitam pekat dalam suasananya. Dibuka dengan nomor, “Blow Your Trumpets Gabriel”, angin dingin pun seraya menghembus pelan dibawa oleh petikan gitar yang berat langkahnya.

Berjalan paruh putaran, nomor ini pun dibawa melesat oleh tempo cepat double pedal yang tak memaafkan langkah lambat. Keistimewaan rangkaian nada dan lirik yang kelam dalam “Amen” memang mencuri perhatian. Lesatan pedal yang menghentak cepat, riff yang pelan meredup, juga paduan lirik atas nama ibunda sang kuasa, membentuk komposisi lagu yang patut dipersembahkan pada kaum satanist.

Lagu-lagu yang dikemas dalam album ini nampaknya ingin menggiring pada era black metal klasik. Terpapar jelas dalam nomor “The Satanist” dan “Ora Pro Nobis Lucifer”, suasana hitam tua coba dibangun kembali untuk mengisi nostalgia yang didambakan. “Messe Noire” pun menambah jejak kegelapan, bahkan dari detik pertama dikumandangkan. “I believe in satan, who rend both heavens and earth,” yang diteriakan Nergal lantang dalam kalimat pertama, tak meragukan sedikit pun nuansa kegelapan yang terus menggerus terang.

Lagu penutup kitab, ”O Father O Satan O Sun !”, juga tak kalah menyeramkan. Disongsong dengan paduan suara kegelapan yang membabat habis sisa cahaya, membimbing kita dalam distorsi lembut satanist. Memang bukan nampak seperti Behemoth yang biasanya, nomor ini mungkin memang dirancang sebagai bagian baru dalam sisi jiwa mereka.

Derita sang vokalis, Nergal, yang didiagnosis mengidap kanker darah, tak pula menghentikan langkah Behemoth menembus 23 tahun eksistensi mereka dalam dunia musik. Tidak ada yang akan menghentikan mereka, tak berarti juga ancaman kematian.[WARN!NG/Bayu Pratama]

 

Tags : behemoth
warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.