close

BW Purba Negara Baru Saja Memenangkan Silver Award

DIB
DIB
DIB

BW Purba Negara mendapatkan penghargaan Silver Award dalam ajang Viddsee Juree Award 2016 untuk film dokumenternya berjudul Digdaya Ing Bebaya. Penyerahan penghargaan tersebut dilangsungkan di IFI Jakarta pada Sabtu, (5/3) kemarin. Viddsee Juree Award pertama kalinya diselenggarakan tahun ini untuk memberikan apresiasi terhadap film pendek Asia. Baik sejenis fiksi, dokumenter, maupun animasi.

Digdaya Ing Bebaya yang mengisahkan perjuangan warga lereng selatan Gunung Merapi yang sempat lumpuh akibat erupsi tahun 2010. Keseharian Mbah Rejo, Mbah Arjo, dan Mbah Mardi menjadi jalan untuk memahami masalah tersebut. Tiga lansia penghuni Desa Glagaharjo ini terkena hebat akbiat letusan Merapi.

Kendati keadaan desanya yang tidak seperti dahulu lagi, Mbah Rejo, Mbah Arjo, dan Mbah Mardi menolak untuk direlokasi. Justru, mereka berusaha beradaptasi sehingga dapat terus bekerja keras. Mereka pun berusaha mengingat seputar erupsi Gunung Merapi. Juga menjelaskan keputusan mereka untuk menolak pindah.

Ajang Viddsee Juree Award 2016 juga memberikan penghargaan utama Gold Award diraih oleh film Little Sister’s Chalk (Kapur Ade) karya Firman Widyasmara. Sementara itu, film berjudul Udin Telekomsel mendapatkan penghargaan Honorable Mention.[WARN!NG/Kevin M.]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response