close

Can, Rencanakan Biografi Mereka

can
can

Band pioneer genre Krautrock, Can, saat ini sedang merencanakan biografi resmi mereka. Biografi ini akan memiliki dua volume. Volume pertama akan berisi tentang cerita perjalanan band mereka yang akan melibatkan seluruh anggota band dalam wawancaranya. Volume kedua akan berisikan “symposium” dari Can, yakni bagaimana Irmin Schmidt (founder dan keyboardist Can) dan Max Dax (Elextronic Beats Can) menjelaskan unsur-unsur musik mereka. Projek biografi ini juga turut dibantu oleh beberapa musisi seperti James Murphy, Geoff Barrow, Daniel Miller dan Andrew Weatherall yang memiliki peran dalam Can. Rob Young, penulis buku Electric Eden: Unearthing Britain’s Visionary Music, yang berisi tentang sejarah musik folk di masyarakat Inggris, akan menjadi penulis dari biog rafi ini. Biog ini dijadwalkan selesai pada tahun 2016.

Melihat gerak Can di scene musiknya, biografi mereka bisa jadi literatur mengenai genre musik Krautrock. Can mengembangkan Krautrock di Jerman bersama band seperti Neu! Dan Kraftwerk. Album Can Monster Movie (1969), Tago Mago (1971) dan Future Days (1973) menjadi album yang sangat berpengaruh dalam genre musik rock. Can memadukan musik psychedelic, classic pop dan avant garde yang kemudian disebut Krautrock.

Bobby Gillespie, penggemar musik rock modern yang juga pernah bekerja bersama drummer Can Jaki Liebezeit, mengatakan padaThe Guardian bahwa Can menyimpan misteri dalam musiknya. “Musik mereka benar-benar suara gaib. Sebuah band sihir yang nyata, mereka menghancurkan semua orang yang bekerja dalam dunia musik hari ini,” tambahnya. Wajar saja ia berkata seperti itu Karena walaupun Can terinsprirasi oleh David Bowie dan Iggy Pop,musik Can yang benar-benar lain dari rock kebanyakan, terlebih di era 70an. Maka biografi mereka sepertinya tidak akan main-main, ini akan menjadi sebuah catatan modifikasi rock di era 70an yang membawa perubahan. (Revta F)

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response