close

Cinta Ramlan Rilis Video Klip Versi Anyar ‘Ratu’

image2
image2

Cinta Ramlan, biduan pop yang pada awal tahun ini merilis album bertajuk Disko, baru saja meluncurkan video musik terbaru untuk single keduanya, “Ratu” dengan kolaborasi bersama penulis wanita ternama yang sempat merambah dunia seni peran, Djenar Maesa Ayu.

Single “Ratu” dalam video klip tersebut memang merupakan versi anyar yang berbeda dengan yang termuat di album Disko. Digandengnya sosok Djaenar Maesa Ayu yang notabene dikenal dengan sikap kritis terhadap isu kesetaraan perempuan lantas merupakan upaya Cinta untuk menegaskan kembali kandungan pesan di lirik lagu tersebut.

Menurut rilis resmi yang diterima Warn!ng, lagu yang tetap dikemas dengan bebunyian synth dan irama elektronik itu mulanya memang lahir dari kegelisahan Cinta pada problema kaum perempuan dalam menyederajatkan eksistensinya dengan kaum pria.

Lirik lagu “Ratu” memotret realitas perempuan masa kini yang lebih peduli pada kecantikan artifisial, sebagai hasil peran industri yang mengeksploitasi kecantikan perempuan dengan kategori-kategori yang semata difungsikan untuk meraup keuntungan dari sebuah produk.

Di pertengahan lagu dan video musik tersebut, disisipkan isian orasi dari Djaenar Maesa Ayu yang diantaranya berbunyi: “Laki-laki tidak bisa menahan birahi, yang disalahkan rok mini. Moralitas perempuan sebagai korban dipertanyakan. Tindak perkosaan yang tidak bermoral malah dibenarkan. Siapa yang membuat peraturan? Bukan kita, perempuan. Camkan!”

Sesuai dengan keterangan yang ditampilkan di awal video, seluruh hasil penjualan lagu “Ratu” versi anyar ini pun hendak didonasikan untuk Yayasan Love Pink, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak untuk menyokong para perempuan penderita kanker payudara. [Soni Triantoro]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response