close

Funeral for A Friend – Conduit

no thumb
images

What :  Conduit

Label : Distiller Records / The End Records

Genre : Post Hardcore, Emo, Metalcore

Rilis : 2013

[yasr_overall_rating size=”small”]

Conduit ialah episode baru perjuangan Funeral For A Friend sejak dua album terakhirnya untuk kembali pada kedigdayaan Casually Dressed And Deep In Conservation. Entah album mana yang lebih mirip, namun Conduit merupakan yang terkeras, serentak menyalak sisa harap para penggemar yang mulai sangsi. Wajar jika keraguan membayangi. Alih-alih dapat kembali, mereka justru sibuk gonta-ganti personel. Seperti di penggarapan album ini dimana drummer Ryan Richards keluar dengan lagi-lagi alasan keluarga, sama halnya saat Gareth Ellies cabut pada 5 tahun sebelumnya.

Sejak Memory Of Humanity. Funeral For A Friend memang telah meningkatkan agresifitas musiknya, dan Conduit adalah puncaknya. Durasi yang pendek, riff bergemuruh, dan vokal yang lebih beringas, telah membaringkan mereka kembali ke akar hardcore dengan hawa metalcore yang lebih heavy. Unsur tersebut sedikit banyak datang dari Pat Lundy, drummer anyar mantan band metalcore Rise To Remaint. Geliat powerful Davies cs itu bangkit bersama dominasi lirik melawan kesengsaraan seperti track pertama, “Spine” dengan gertak “Are you strong enough to kill for what you love?”.

Terkait dengan pergantian drummer, tentu perubahan yang paling kentara ialah lenyapnya teror screaming dari Ryan Richards. Apalagi dengan konsep Conduit yang lebih agresif, Davies akhirnya menanggung beban yang lebih berat. Sang vokalis pun memilih untuk tetap menghidupi lagu dengan vokal standarnya demi menopang hook-hook yang implisit. Beberapa berhasil seperti chorus di “The Distance” dan single pertama, “Best Friend And Hospital”. Beberapa lagu berikutnya terasa serupa sebelum turunnya tempo pada “Element” menjadi elemen segar di album ini. Track pertama di EP See You In Hell, “High Castle”, menjadi lagu terakhir di album ini, dan sayangnya memang terasa lebih ‘tajam’ ketika justru bertudungkan sound di EP nya .

Album ke enam ini dirilis pada 28 januari 2013 di Inggris dan 5 Februari di Amerika lewat The End Records, label yang sangat terbuka terhadap gelombang new metal awal abad 21. Bukan pilihan buruk, namun ternyata dalamnya gali kreatifitas Funeral For A Friend masih tiada sebanding dengan momen bersama Atlantic Record. Meski tetap menjeritkan hook-hook di reruntuhan hardcore, silakan mengeluh jika setengah jam terasa berlalu sekejap. Intro yang kurang berkarakter ditambah durasi yang singkat makin menyulitkan untuk membedakan tiap lagu-lagunya. Satu pencapaian yang mapan sebenarnya jika goal mereka bukan lagi untuk menciptakan sebuah album masterpiece pendefinisian era british post hardcore. Menatap pada Casually Dressed And Deep In Conservation, mereka masih hanya dapat bernostalgia seperti sepintas pada lirik track “Conduit”. “And I remember when it used to be so innocent, and I remember when it used to be so casual and I remember” [Warning/Soni Triantoro]

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response