close

[Album Review] Nervous Breakdown – Crap from The Creep

no thumb

20130316-194205.jpg

What : Crap From The Creep

Label :Stone Age Record

Genre : Hardcore – Punk rock

Rilis :  2013

[yasr_overall_rating size=”small”]

Mari kita ungkit lagi perilaku Nervous Breakdown di scene musik hardcore nasional. Mereka seperti anak-anak kecil berperingai berandal yang tak bosan mememerangi kebosanan. Liar mencari dan mengincar perkakas disekitar. Ketika sudah mendapatkan satu, maka ditubrukanlah pada mainan yang lain dan bum! Begitulah imajinasi yang terungkap ketika 5 tahun silam mendengar kumpulan lagu-lagu awal Oyi cs yang lebih suka mereka sebut dengan ‘sesi rekaman’ dibanding ‘album’. Mereka sempat memakai blues-funk jam untuk mengiringi orasi di “Hardcore Suxx” dan juga sensasi newwave di 30 detik pertama “Shure 5”. Begitu juga tempel-tempel sampling, seperti The Smiths “Some Girls Are Bigger Than Others” pada intro “Punk Song”. Lalu di album Crap From The Creep ada tiga kemungkinan antara mereka benar-benar berandal, masih kebosanan, atau keduanya.

Kebiasaan tubruk sampling dan cuplikan genre lain itu rawan mengundang serangan kritik tehnikal andai saja Nervous Breakdown tak cukup mampu mendefinisikan punk-hardcore yang mereka usung. Namun era mereka kini adalah Crap From The Creep, dan sadari bahwa mereka masih tak terbendung di ibukota. Track pertama ialah “A Relationship Between Oldskool Hiphop And Nationalist Sosialize Ideas”, sebuah judul bergaya analogi yang mewakili lirik akan polaritas hubungan komunikasi yang tidak sepadan. “Pollinationtech Maniac” beredar bersama metode leak, dan cukup implisit untuk menceritakan Almarhum Mario Ganzamo (Vokalis LOOSERZ) ketika masa hidupnya. Selanjutnya riff merayap dari “Kiss This” menjadi tepukan peringatan untuk pendengar yang sempat lengah bahwa ada trash di dua lagu sebelumnya.

Jika ada yang sangat kebetulan menanti eksperimen Nervous Breakdown terhadap unsur death metal, maka inilah “Trash FM”. Growl berbaur di keseluruhan lagu, membuktikan bahwa mereka tak hanya bisa main sampling di intro. Begitu juga dengan lagu yang telah dirilis duluan, “Our Band Could Be Your Live”, sebuah pride anthem ballad yang terinspirasi dari buku koleksi profil indie rock band terkemuka karya Michael Azerrad.

Muncul dari sektor timur ibukota, Crap From The Creep berakhir tanpa omong kosong. Mungkin elemen-elemen out of genre nya tak segila dalam sesi rekam New Dog On The Block, terutama track-track yang akhirnya terangkum dalam EP Never Green dimana melampaui batas crossover. Semoga bukan karena krisis ide, melainkan lebih ke minat untuk menunjukan punk dan trash sebagai mainan favorit dan kebanggaan mereka. Sementara itu misi merusuhi gelombang ortodoks musik hardcore masih terus berlanjut. [Warning/Soni Triantoro]

 

Tags : hardcoreNervous breakdown
warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response