close

[Album Review] Dajjal – Human Dark Side

dajjal kc

 

Human Dark Side
Human Dark Side

Dajjal – Human Dark Side

Heretic Records

Watchful Shot : Bangkewarah – Black Night Cage

[yasr_overall_rating size=”small”]

Salah satu pentolan death metal Bandung, Dajjal, akhirnya melepas dahaga dengan keluarnya album terbaru sejak 13 tahun lamanya, Human Dark Side. Cover album seorang ksatria berjubah yang memiliki sebuah hati yang hitam menggambarkan sebuah sisi kelam manusia, hingga berasa semakin menggambarkan musikalitas seperti apa yang akan mereka hadirkan.

Intro album instrumental yang ditulis oleh mereka sebagai “track-0” seakan menuntun kita menuju ke lembah kematian pada track pertama, “Black Night Cage”. Tanpa basa-basi, nomor ini langsung menghajar telinga kita dengan raungan vokal yang berbau sedikit old-school dari Barock sang vokalis dan gempuran riff-riff maut duo gitaris maut Zulf dan Karkash yang kadang berbau riff ala The Faceless. Menyusul track berikutnya, yaitu “Anxiety”, Dajjal menyelipkan sedikit riff ala metalcore yang dicampur dengan kelihaian sang gitaris bermain sweep picking.

Highlight utama album ini justru pada track Bangkawarah”. Dibuka dengan riff bernada arabic dan sedikit beraroma Behemoth, kebrutalan blast beat menyusul tanpa ampun, dilanjut dengan memasuki struktur utama lagu yang penuh nuansa technical death metal ala Spawn Of Possession serta solo gitar yang penuh teknikalitas tingkat tinggi.

Secara utuh, album ini berisi dengan balutan death metal dengan tingkat kesulitan akrobatik gitar dan drum yang tinggi dan penuh warna. Sungguh berbeda jika dibandingkan dengan album perdana mereka 13 tahun silam. Bisa dikatakan, album ini penuh dengan eksplorasi dan Dajjal tidak takut untuk melakukan itu. Terbukti pada “Outro” album mereka, Dajjal mencoba memainkan riff-riff bernuansa Djent yang langsung mengingatkan kepada Tesseract dan tentunya Meshuggah, meskipun mereka tidak memainkan pola drum polyrythmic yang merupakan hal mutlak bagi musik Djent. [WARN!NG/Made Dharma]

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response