close

Dandelions Ramaikan Hari Buruh Dengan Pembuatan Klip Baru

5
Dok. Dandelions

 

1 Mei 2017 adalah momentum di mana para buruh menyuarakan aspirasinya melalui orasi dan segala aksi di dalamnya. Dengan versi selain orasi, Dandelions sebagai musisi tak kalah menyuarakan dengan versi bernyanyi. Lirik dari single “Kolonialis Bos” yang memiliki keterkaitan erat tentang aspirasi buruh yang diciptakan oleh Njet, diambil sebagai momentum untuk melakukan aksi lewat nyanyian. Bersama ratusan hingga ribuan buruh se-Jawa Timur yang berkumpul di depan kantor Gubernur Provinsi Jawa Timur, Dandelions merayakan Hari Buruh dengan melakukan pengambilan video musik dari single “Kolonialis Bos”.

Karena konsep pengambilan video ini bersifat kondisional, tim video dari manajemen Dandelions ingin memperlihatkan massa buruh yang sedang melakukan aksi dan masyarakat dapat ikut main di dalamnya. Akan tetapi, hingga pukul 13.00 belum ada sama sekali rombongan buruh yang terlihat. Kabar dari salah satu korlap buruh mengatakan, bahwa prosesi Hari Buruh pindah ke kantor Gubernur Jawa Timur yang berlokasi di Jalan Pahlawan dikarenakan Gubernur Jawa Timur yang akrab disapa “Pakdhe Karwo” akan muncul di sana untuk menemui para orator.

Pengambilan video musik ini menurut pihak Dandelions tanpa ada perijinan dari pihak manapun sebelum hari pelaksanaan. Suatu keputusan yang sangat beresiko apabila mungkin terjadi kericuhan dalam aksi tersebut. Namun hal tersebut tidak terjadi. Beberapa korlap dari buruh bahkan mendukung Dandelions untuk melakukan pengambilan video. Walaupun sejatinya hanya diberikan waktu 6 menit untuk menyelesaikan keseluruhan proses. Rencananya pada bulan Mei, video musik tersebut ditargetkan selesai dan dapat disebarkan ke khalayak ramai. [WARN!NG/Reno Surya]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response