close

Dental Project 2015: Raisa-RAN Ajak Merindu Tanpa Sendu

Raisa (3)
Raisa © Warningmagz
Raisa © Warningmagz

Konser Dental Project kembali hadir di tahun 2015. Perhelatan akbar yang diinisiasi oleh Fakultas Kedokteran Gigi, UGM ini menghadirkan Raisa dan RAN sebagai bintang tamu utama. Tidak ketinggalan band lokal kota Jogja seperti Batiga, Page Five dan Tik!Tok! turut memeriahkan acara musik yang diadakan di gedung Ghra Sabha Pramana ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa Dental Project membuat Jumat, 10 April 2015 menjadi hari yang mengesankan.

Perlu diketahui bahwa, Dental Project sendiri adalah sebuah acara yang sengaja dihadirkan ke tengah masyarakat Jogja dengan tujuan untuk memberikan edukasi seputar masalah kesehatan gigi dan rongga mulut. Dental Project 2015 kali ini memberikan edukasi tentang sariawan. Informasi penting tentang sariawan dari cara mencegah, gejala-gejalanya, tingkat keparahan hingga cara menyembuhkan diberikan dengan sangat informatif melalui video message dan film pendek karya mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada.

Batiga © Warningmagz
Batiga © Warningmagz

Tata panggung dan tata cahaya diatur dengan indah. Panggung sederhana yang biasa digunakan untuk foto-foto wisuda diubah menjadi sangat artistik dengan berbagai macam dekorasi bunga, pohon dan daun-daun yang disusun seestetik mungkin. Pergerakan sorotan lampu juga tertata sempurna. Hal ini dibuktikan dengan tidak terjadinya blocking bayangan mikrofon pada wajah artis-artis yang tampil. Ritme tata gerak cahaya juga disesuaikan dengan ritme, melodi dan tempo lagu yang dibawakan oleh para penampil.

Tik!Tok! © Warningmagz
Tik!Tok! © Warningmagz

Batiga dan Page Five yang didaulat sebagai band pembuka acara yang dimulai pukul 19.00 ini sukses menghantarkan suasana hangat di dalam gedung Grha Sabha Pramana. Tidak ketinggalan TikTok! dengan lagu andalannya “Rush” berhasil memberikan pemanasan yang sempurna kepada para penonton sebelum menyaksikan dua bintang tamu utama yaitu Raisa dan RAN. Suasana meriah semakin lengkap dengan dagelan yang dibumbui edukasi seputar kesehatan gigi dan mulut oleh MC Alit Jabang Bayi dan Cici Priskila.

Tepat pukul 21.00 WIB, panggung yang mendadak gelap menandakan akan ada kejutan setelahnya. Raisa muncul dari balik gelapnya panggung sambil menyapa penonton yang sudah tidak sabar menunggu penampilannya. Gaun pink bercorak bunga-bunga menjadi kostum panggung yang menunjang kesempurnaan aksi panggungnya. Beberapa lagu andalan seperti “Long Distance Relationship”, “Hari Bahagia”, “Serba Salah”, “Could It be Love”, “Apalah Arti Menunggu” dan single terbarunya “Jatuh Hati”. Raisa juga membawakan lagu “All About That Bass” yang dibawakan dengan koreografi unik.

Raisa © Warningmagz
Raisa © Warningmagz

Setelah penampilan memukau dari Raisa. Grha Sabha Pramana diguncang oleh petikan gitar Asta, dance a la hip hop khas Rayi dan gaya easy going milik Nino. Kejutan kembang api membuka penampilan RAN yang tampil sangat enerjik. Lagu-lagu andalan mereka seperti “Pandangan Pertama”, “Selamat Pagi”, dan “Bosan” dibawakan dengan sangat ciamik. Terdapat perbedaan pada kali ini dibanding penampilan RAN yang lalu—RAN tampil lebih komunikatif. Beberapa momen swafoto bersama, memberi bunga dan bernyanyi bersama penonton yang naik ke panggung menjadi sajian yang memberikan kesan kangen yang mendalam.

RAN © Warningmagz
RAN © Warningmagz

“Dekat di Hati” menjadi lagu penutup malam puncak Dental Project 2015. Pertunjukkan malam itu terbilang sukses karena berjalan lancar dari awal sampai akhir. Rasa lelah penonton yang menunggu antrean terbayar lunas dengan berbagai pertunjukkan yang disajikan. Meski konser berlangsung hingga larut malam, kali ini publik Jogja tidak dikejutkan dengan kehadiran aparat yang membubarkan acara dengan alasan “terlalu malam”. Konser Dental Project 2015 berhasil memberikan pengalaman indrawi beraudio-visual sebagai satu fenomena menonton yang berkesan dan menubuh. [WARN!NG/ Yudha Baskoro]

Event by: FKG UGM

Venue: Grha Sabha Pramana, UGM

Date: 10 April 2015

Man of the Match: relasi intim yang dibangun RAN kepada penonton

lihat galeri acara di sini

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.