close

Diundang Tampil di Kanada, lightcraft Galang Crowdfunding

FOTO BAND LIGHTCRAFT
lightcraft
lightcraft

Tahun 2016 menjadi tahun terbaik bagi unit indie-rock/dream-pop asal Jakarta, lightcraft. Pasalnya, di tahun ini mereka berkesempatan untuk tampil di ajang berskala internasional di beberapa negara seperti Singapura, Amerika Serikat, Kanada dan Inggris. Kabar baik kembali datang untuk mereka setelah Indie Week Canada 2016 mengundang lightcraft untuk berkunjung kembali ke Toronto, Kanada, pada bulan November mendatang. Jika dihitung, ini adalah kali kedua mereka mendatangi ibukota Provinsi Ontario tersebut pasca Canadian Music Week (CMW) 2016 dihelat pada bulan Mei Lalu.

Penampilan lightcraft dikonfirmasi belum lama ini melalui laman Indie Week Canada. lightcraft menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia dalam daftar penampil festival tahunan ini. Indie Week Canada sendiri merupakan festival musik indie terbesar di Amerika Utara yang dalam edisi tahun 2016 ini akan mendatangkan lebih dari 300 kumpulan musik dari berbagai negara di seluruh dunia. Nama-nama unit tersebut di antaranya DEON (Singapura), Dresden Wolves (Mexico), Penrose (Irlandia), Glasspop (Polandia), dan banyak lagi. Indie Week Canada 2016 akan berlangsung selama enam malam terhitung sejak tanggal 15-20 November 2016. Dalam perhelatan ini, lightcraft berkesempatan untuk unjuk aksi di hadapan tokoh-tokoh ternama dari industri musik dunia. Apabila beruntung, mereka dapat meraih peluang untuk tampil di Indie Week Europe 2017 yang akan berlangsung di Manchester, Inggris.

Demi memenuhi undangan tersebut, lightcraft telah bekerja sama dengan sebuah perusahaan crowdfunding terkemuka asal Singapura, Zingohub. Melalui Zingohub, masyarakat umum dari seluruh dunia dapat menyumbangkan dana kepada lightcraft untuk keberangkatannya ke Toronto. Imbalan dari sumbangan ini akan berupa cakram padat, t-shirt, live streaming gig, hang out bersama lightcraft, dan masih banyak lagi. Imbalan tersebut akan diberikan sesuai dengan jumlah donasi yang disumbangkan.

indie week
indie week

lightcraft sangat bahagia dan bersyukur dapat kembali diberikan kesempatan untuk tampil di sebuah festival musik bertaraf internasional seperti Indie Week Canada 2016 di Toronto. Mereka pun berharap agar publik dapat membantu mereka memenuhi mimpi mereka melalui Zingohub. “Kami juga sangat berterima kasih kepada Zingohub atas bantuan mereka mengadakan kampanye crowdfunding dan memberikan jalan agar kami dapat berangkat ke Kanada. Kami berharap sekali supaya teman-teman dapat membantu kami dengan cara menyumbang melalui Zingohub, agar kami bisa menjadi wakil pertama kali dari Indonesia yang tampil di Indie Week Canada dan mengharumkan nama bangsa disana!” ujar sang gitaris, Fari, dalam rilis pers yang diterima WARN!NG. Untuk menyumbang dana untuk lightcraft melalui Zingohub, kunjungi laman khusus untuk kampanye crowdfunding lightcraft di sini.

lightcraft dibentuk pada tahun 2004 oleh lima orang dengan ikatan persahabatan yang telah lama terjalin. lightcraft mengedepankan sound yang anthemik dan melankolis sebagai ciri khas mereka. Beberapa karya yang telah mereka hasilkan adalah album pendek The Modern Seasons (2006), album penuh Losing Northern Lights (2008) dan Colours of Joy (2013). Baru-baru ini mereka juga telah merilis sebuah limited edition dari kaset mini kompilasi yang berjudul Love Songs & Lullabies. Di bulan Agustus 2016 ini, lightcraft merilis sebuah mini CD split dengan band indie rock asal Amerika Serikat, Wyland, yang berjudul Kindred Spirits. EP terbaru lightcraft, Another Life, direncanakan akan diluncurkan di bulan September 2016. Saat ini, lightcraft sedang merekam materi baru untuk album ketiga mereka, yang diproyeksikan akan menampilkan warna dan sentuhan yang cukup berbeda dari kedua album mereka sebelumnya. Album tersebut direncanakan akan dirilis di tahun 2017. Dengan perjalanan karir mereka yang cukup panjang, lightcraft telah berpartisipasi dalam berbagai acara dan festival di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, India, Korea Selatan, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat. [WARN!NG / Oktaria Asmarani]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response