close

‘Dosa, Kota & Kenangan’, Album Pertama Silampukau Segera Dirilis

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Silampukau
Silampukau

Kabar gembira datang dari duo folk asal Surabaya, Silampukau. Setelah masa hiatus panjang pasca merilis EP Sementara Ini pada 2009 lalu, akhirnya Silampukau merilis full album pertama mereka yang bertajuk Dosa, Kota & Kenangan pada 19 April 2015 mendatang.

Album yang digarap selama satu tahun melalui proses home recording ini akan dirilis dalam dua format, yaitu album fisik (CD) dan album digital yang dapat dibeli-unduh di iTunes. Dalam pembuatan album ini, Silampukau juga mengundang beberapa rekan untuk memperkaya spektrum musik mereka. Peluncuran album ini sendiri kabarnya akan ditandai dengan sebuah pertunjukan musik di Tambak Bayan, sebuah kampung tua di Surabaya.

Dosa, Kota & Kenangan Cover Album
Dosa, Kota & Kenangan Cover Album

Duo yang digawangi oleh Kharis Junandharu dan Eki Tresnowening kelihatan punya keterikatan dengan kota mereka. Pasalnya 10 nomor dalam Dosa, Kota & Kenangan, berisi tentang cerita-cerita orang biasa dan kehidupan sehari-hari yang justru menunjukkan keintiman mereka dengan Surabaya. Mulai dari cerita penjual miras (“Sang Juragan”), bocah-bocah kampung (“Bola Raya”), laku hidup musisi indie (“Doa 1”), keluh kesah pekerja rantau (“Lagu Rantau”), hingga kehidupan ulang-alik di jalan raya (“Malam Jatuh di Surabaya”).

Kedekatan Silampukau dengan kota pahlawan ini juga terlihat di dua lagu lain. Ada cerita tentang Taman Hiburan Rakyat di “Bianglala” dan gemerlap malam lokalisasi Dolly yang baru saja ditutup di “Si Pelanggan”. Kedua lagu tersebut menjadi penanda memori kolekif untuk warga Surabaya. Tiga lagu lainnya, “Aku Duduk Menanti”, “Balada Harian” dan “Puan Kelana” lebih merupakan ruang refleksi yang personal.

Melalui album ini, Silampukau seperti menyusun potongan puzzle berserakan yang membentuk potret besar Surabaya, sebuah kota besar di timur Jawa dengan sejuta cerita. [WARN!NG/Titah Asmaning]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.