close

Duo Sludge/Doom Asal Palembang Rilis Album Terbaru

03 THUMBNAIL

03 THUMBNAIL

 

Setelah di tahun 2014 merilis album dengan tajuk Sound of the Dead Leaf, kini Cloud, grup asal Palembang kembali merilis album terbarunya. Pada Jumat, 26 August 2016 lalu, band bergenre sludge/doom tersebut merilis album terbarunya dengan tajuk Incubus Calculation. Album tersebut dirilis dalam format kaset. Selain merilis album, mereka juga mengubah formasi dari trio menjadi duo.

Sludge/doom adalah jenis musik yang memadukan doom metal dan hardcore punk. Biasanya band dengan aliran ini mempunyai ciri musik yang berat dan lambat. Pada umumnya, lirik sludge/doom menyuarakan kepedihan dan juga kemarahan kepada struktur masyarakat. Hal tersebut nampak pada musik Cloud yang tertuang dalam Incubus Calculation. Dalam album ini, Cloud mempertahankan tempo berat dan lambat a la doom. Namun, berbeda dengan album sebelumnya, Incubus Calculation tidak mempunyai elemen musikalisasi puisi.

Seperti kebanyakan band sludge/doom, Cloud melalui Incubus Calculation coba menyuarakan keresahannya atas kehidupan di sekitar. Dengan nomor raksasa “Angka” yang berdurasi 20 menit, mereka memperlihatkan bagaimana tatanan kehidupan saat ini mengunci dan mereduksi manusia menjadi angka dan statistik.

Album Incubus Calculation adalah sebuah eksplorasi musikal oleh Cloud untuk menggabungkan berbagai band yang berpengaruh dalam musik mereka. Mereka mencoba meleburkan Sleep, Om, Corrupted, Noothgrush, Neurosis, Russian Circles dan EyeHateGod dalam satu karya. Album yang seluruhnya ditulis oleh Jay & Ken ini dikerjakan bersama tim Sonic Soulmate Works. Incubus Calculation akan dibungkus dengan cover art sebuah kolase karya Suramuram. [WARN!NG/Unies Ananda Raja]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response