close

Efek Rumah Kaca Rilis ‘Seperti Rahim Ibu’

Cover Art Seperti Rahim Ibu oleh Dian Suci Rahmawati

Setelah terakhir kali merilis single pada Agustus 2016 lalu, Efek Rumah Kaca baru meluncurkan karya teranyar. Single yang baru dirilis ini berjudul “Seperti Rahim Ibu” yang ditulis ERK khusus untuk program Mata Najwa. Najwa Shihab, jurnalis pemandu acara Mata Najwa berkolaborasi aktif dalam penulisan lagu ini.

Lagu “Seperti Rahim Ibu” lalu pertama kali dibawakan oleh Efek Rumah Kaca pada episode Mata Najwa mengenai Novel Baswedan di bulan Februari 2018. Selain berkolaborasi dengan Najwa Shibab, pada lagu “Seperti Rahim Ibu” Efek Rumah Kaca juga berkolaborasi dengan seniman asal Yogyakarta, Dian Suci Rahmawati yang menerjemahkan melodi dan lirik lagu dalam bentuk ilustrasi untuk sampul single dan juga merchandise “Seperti Rahim Ibu”.

ERK dan Najwa Shihab

Najwa Shihab sendiri mengaku sudah lama mengikuti lagu-lagu ERK yang menurutnya memiliki kepedulian terhadap berbagai isu penting di negeri ini. Ia merasa pesan-pesan dalam lagu ERK punya resonansi yang sama dengan yang selama ini disuarakan Mata Najwa seperti kepedulian pada isu-isu korupsi, toleransi, soal cinta negeri, dan hak asasi manusia. “Sejak awal punya cita-cita ingin memiliki original song yang cocok untuk menguatkan pesan. Setelah Mata Najwa muncul kembali setelah jeda, langsung ingin menggunakan lagu ERK,” tukasnya.

Materi demo lalu dibawa ke para personil Efek Rumah Kaca untuk dimatangkan aransemennya. Setelah melalui proses workshop antar benua, Efek Rumah Kaca berhasil menyelesaikan aransemen lagu untuk kemudian direkam di studio oleh para personil yang berada di Jakarta selama bulan Januari 2018. Bulan depannya, bagian vokal dan gitar diselesaikan Cholil di studio rekaman saat ia sedang berada di Indonesia untuk pengumpulan dana dalam rangka keberangkatan Efek Rumah Kaca ke festival SXSW di Amerika Serikat. [WARN!NMAGZ/Titah AW]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response