close

Fall Out Boy – Save The Rock and Roll

falloutboy

What : Save The Rock and Roll

Label : Island Recodrs

Genre : Emo/ Rock

Rilis : April 2013

Sejak 2009, Fall Out Boy memutuskan untuk vakum dari  industri music dunia. Vakumnya band asal Amerika ini merupakan kesempatan bagi masing-masing personil untuk mulai sibuk dengan proyek sampingan mereka. Pete Wentz, bassist, membuat band beraliran ska bersama dengan Bebe Rexha dengan nama Black Cards. Partrick Stump, sang vokalis, berhasil menurunkan berat badannya dan membuat solo album dengan judul Soul Punk. Patrick merekam suaranya serta memainkan semua instrument dalam album solonya tersebut. Lalu, sang drummer Andy Hurley bersama Joe Thruman, sang gitaris, membuat band heavy metal, The Damned Things.

Memasuki tahun 2012, Pete Wentz mulai mengumpulkan teman lamanya di Fall Out Boy. Maka dimulailah sebuah proyek rahasia yaitu album baru Fall Out Boy. Maka munculah album Save The Rock and Roll di tahun berikutnya. Di album Save the Rock and Roll sepertinya memang menunjukkan evolusi yang terjadi di Fall Out Boy pasca vakum hampir empat tahun. “Put your war paint” lirik dalam laguThe Phoenix sebagai lagu pembuka dari album ini sudah sangat jelas menunjukkan Fall Out Boy telah mengalami perubahan  seperti burung phoenix. Hentakan di lagu ini juga mampu sebagai pembakar semangat. Di urutan lagu kedua yang juga merupakan single pertama, “My Songs Know What You Did in The Dark (Light Em Up)” adalah sebuah lagu yang menunjukkan evolusi nyata dari Fall Out Boy. Banyaknya “chant” khas music Fall Out Boy membuat lagu begitu semarak. Lagu ini berhasil mencuri kembali perhatian dunia.

Dilanjutkan dengan lagu-lagu “Alone Together” dan “Where Did the Party Go” yang elektro pop-nya sangat kental. Pada lagu “Young Volcanoes” petikan gitar dengan tempo sedang seperti “Hey Soul Sister” milik Train mencoba menyebarkan semangat membara untuk menikmati hidup karena katanya “ We will teach you how to make boys next door out of assholes”.

Lalu, ada duet dengan Foxes di “Just One Yesterday” yang sekilas terdengar seperti “Rolling in the Deep”nya Adele. Tidak hanya penyanyi Foxes yang dilibatkan dalam pengerjaan album ini ada Big Sean, Courtney Love, dan Elthon John. Di lagu “Ra A Tat” yang berkolaborasi dengan Courtney Love sebuah ekspetasi tinggi ditaruh di lagu ini, namun ternyata lagu ini kurang cukup menjawab ekspetasi. Love hanya menyanyi di lirik bagian awal dan akhir. Tak ada saut-sautan nada serta suara antara Love dan Stump di lagu ini. Love dan Stump seperti menyanyi sendiri-sendiri. Tetapi kekecewaan itu dibalas lagu terakhir yang menjadi lagu penutup dari album ini. Sebuah lagu hasil kolaborasi dengan penyanyi legenda Elton John menghasilkan lagu “Save the Rock and Roll”. Pembagian nada yang pas, melebur menjadi sebuah musik yang apik. Sehingga misi penyelamatan Rock and Roll pun tercapai.

Begitulah rupa Fall Out Boy mencoba kembali dengan misi penyelamatannya. Masih dengan lirik-lirik tentang semangat untuk tidak masalah menjadi beda dan tak perlunya ada rasa takut mengalami perubahan yang terjadi dalam diri sendiri. Karena Fall Out Boy telah melaluinya dan membuktikannya. 

 Review ini dikirim oleh Hanindya Naafiani ( @nindaninn )

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.