close

Festival Aksara Bersiap Digelar

coming-soon
Festival Aksara 2016
Festival Aksara 2016

Festival literasi bertajuk Aksara akan digelar pertengahan Desember 2016 ini di kota Semarang. Acara yang diinisiasi oleh Kaum Kera Infoshop, Semarang On Fire, Hysteria, dan Peacemaker Progress tersebut akan diselenggarakan pada 17 dan 18 Desember 2016. Festival ini akan diselenggarakan di Impala Space, Semarang.

Saat ini, penyelenggara Festival Aksara 2016 mengharapkan kontribusi dari para penulis, pegiat literasi, dan zine maker untuk menyumbangkan karyanya berupa buku atau zine. Karya yang telah terkumpul ini nantinya akan dipamerkan dan diakses para pengunjung yang ingin membaca. Adapun regulasi dan tata cara pendaftaran karya dapat mengunjungi laman resmi Festival Aksara. Periode pengumpulan karya dimulai dari 30 Oktober hingga 4 Desember 2016.

Festival Aksara 2016 ini nantinya akan dimeriahkan dengan pameran berbagai karya, workshop kolase, talk show, dan musik. Tak ketinggalan, acara ini juga menghadirkan Perpustakaan Jalanan Semarang untuk memfasilitasi pengunjung dengan buku bacaan.

Penyelenggara Festival Aksara 2016 ini diinspirasi oleh berbagai helatan seperti Jogja Zine Fest, Bandung Zine Fest, atau acara berbasis literasi lain yang diselenggarakan secara semarak di berbagai tempat. Selain itu, acara ini juga merupakan suatu bentuk kegelisahan anak-anak muda Semarang akan minimnya gerakan literasi di kota mereka. Hal tersebut ditambah pula dengan keresahan atas himpitan media arus utama yang tidak menjembatani kegelisahan publik dalam menghadapi berbagai problematika yang ada. Maka dari itu, Festival Aksara 2016 merupakan salah satu usaha membentuk kesadaran akan hal-hal tersebut. Penyelenggara Festival Aksara 2016 juga berharap bahwa acara ini akan menjadi sarana menjalin pertemanan lintas kota atau disiplin apapun. Paling tidak, dapat menarik atensi publik untuk mengenal lebih jauh khazanah literatur alternatif. [WARN!NG/Unies Ananda Raja]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.