close

Festival Musik Tembi Digelar Kembali

FMT2014
Festival Musik Tembi
Festival Musik Tembi

Festival Musik Tembi, yang diinisiasi oleh anak-anak muda yang tergabung dalam Forum Musik Tembi (foMbi) pada tahun 2011 lalu kini telah memasuki edisi keempatnya. Selalu dihelat pada bulan Mei dan bertempat di Tembi Rumah Budaya,  rangkaian acara untuk pergelaran tahun ini terdiri dari pertunjukan musik lintas genre bertajuk ‘Panggung Musik Tradisi Baru’ dan workshop musik, seperti dilansir dari rilis yang diterima Warn!ng.

Sejak pertama kali diadakan, rangkaian Festival Musik Tembi selalu berlangsung selama tiga hari. Begitupun tahun ini, yang akan dilangsungkan pada tanggal 22-24 Mei, dengan tanpa dipungut biaya tiket apapun.

Beberapa nama penampil dari lintas genre musik tentunya sudah dikantongi oleh panitia. Di antaranya Risky Summerbee & The Honeythief, duo folk Wangi Hujan, Bad Cellist, dan KunoKini yang mendeskripsikan grupnya sebagai Indo Beat Ethnic Experimental Band. Selain itu ada komunitas Swarasha dari Solo yang menampilkan permorfance art musik, tari dan wayang, serta Kesenian gandrung Banyuwangi dari Sanggar Lang-Lang Buana Banyuwangi, dan beberapa nama lain yang tidak kalah menarik.

Selain semangat lintas genre, Festival Musik Tembi juga mengusung misi untuk perkembangan musik tradisi bagi para musisi dalam program Musik Tradisi Baru. Diadakan di hari kedua, program ini bersifat terbuka. Peserta hanya harus mendaftar dan mengirimkan demo komposisi musik yang akan dicermati oleh tim pengamat musik, dimana 7 peserta terbaik akan dibuatkan album kompilasi Musik Tradisi Baru.

Pengamat musik yang akan dihadirkan ialah Joko S. Gombloh selaku penggiat Sono Seni Ensemble dan kritikus musik, etnomusikolog  Rizaldi Siagian, dan Ajie Wartono, yang dikenal sebagai penggiat Warta Jazz dan berbagai acara musik.

Festival Musik Tembi tahun ini juga akan mengadakan program workshop bersama Kunokini serta konduktor dan komponis asal Jepang, Kanako Abe. Selain itu ada juga  pasar seni yang terbagi dalam beberapa stand dan menjual berbagai pernak-pernik musik dan juga merchandise.

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response