close

Filastine Rilis Episode Empat Serial “Abandon”

FILASTINE-Flare-by-Julietaferoz-MedSize

 

Setelah merilis tiga karya audio-visual The Miner (Maret 2016), The Cleaner (Mei 2016), dan The Salarymen (Oktober 2016), kini Filastine kembali dengan single terbarunya yang bertajuk “Los Chatarreros”. Video ini merupakan episode keempat dari Abandon, sebuah serial video musik yang mengambil satu tema utama yaitu tarian pembebasan dari kelas pekerja atau buruh yang tertindas.

Video “Los Chatarerros” menyorot perjalanan pemulung besi tua yang hampir setiap malam menyisir sudut-sudut jalan di kota Barcelona, Spanyol. Berbekal troli usang, ia berjalan memburu rongsokan logam bekas, besi tua, hingga sampah-sampah perangkat keras yang teronggok di tempat umum. Pekerjaan yang kebanyakan dilakoni para imigran gelap dari Afrika ini berakhir di kala fajar menyingsing; ketika itu ia akan bergabung dengan para pemulung lainnya di sebuah kios besi tua untuk antri menjual hasil ‘panen’-nya.

“Orang-orang (pemulung) seperti itu sebenarnya tersebar di mana-mana, namun seperti tak terlihat mata. Kehadiran mereka juga terbilang sangat aneh untuk citra Barcelona yang sering dicap sebagai kota yang trendi dan berbudaya,” ungkap Grey Filastine yang sudah bertahun-tahun tinggal di kota Barcelona.

Melalui serial Abandon, duo peramu multimedia lintas negara Grey Filastine (composer/director) dan Nova Ruth (vocalist/designer) menyajikan profil pemberontakan para buruh bernilai rendah dalam konsep visual yang unik—mulai dari sosok pekerja tambang di Indonesia, petugas kebersihan di Portugis, karyawan kantor di Amerika Serikat, sampai pemulung logam bekas di Spanyol. “Los Chatarreros” yang menutup serial Abandon sudah dapat disimak di akun YouTube Filastine. [WARN!NG/Christina Tjandrawira]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.