close

Film Senyap Disediakan Gratis untuk Indonesia

150715_INTR_Silence-Question.jpg.CROP.promo-xlarge2
senyap
senyap

Sutradara dan produser film Senyap, Joshua Oppenheimer, bekerja sama dengan Final Cut for Real, VHX dan Drafthouse menyediakan film dokumenter Senyap/ The Look of Silence secara gratis untuk masyarakat Indonesia. Sejak 10 Desember 2015 lalu, film ini sudah bisa diunduh gratis dan ditonton di kanal Youtube.

Sejak diputar pertama kali di Indonesia pada Desember 2014 lalu, Tim Senyap Indonesia telah membagikan lebih dari 1.700 DVD film Senyap untuk penyelenggara pemutaran di 118 kota/kabupaten di seluruh provinsi di Indonesia dan menjaring lebih dari 70.000 penonton.Pemutaran pertamanya yang dibantu oleh Komnas HAM dan Dewan Kesenian Jakarta sendiri dihadiri oleh 1.500 penonton. Film Senyap/The Look of Silence sendiri telah mendapatkan banyak penghargaan internasional, salah satunya adalah menjadi nominasi film dokumenter terbaik Oscar 2015.

Sejak awal produksinya, Joshua yang juga membuat film Jagal/The Act of Killing (2012), menganggap kedua filmnya tersebut sebagai hadiah dan sebuah surat cinta bagi rakyat Indonesia. “Sebagai sebuah hadiah selayaknyalah film ini diberikan secara cuma-cuma bagi penonton di Indonesia,” ungkap Joshua Oppenheimer. Dengan disebarnya film ini secara gratis, Joshua Oppenheimer berharap akan lebih banyak ruang kemungkinan untuk dilaksanakannya sebuah rekonsiliasi yang berkeadilan di Indonesia. Film Joshua sebelumnya, Jagal/The Act of Killing, di Amerika Serikat, telah mendorong senator Tom Udall untuk mengajukan resolusi yang mendesak pemerintah Amerika Serikat untuk ikut bertanggung jawab terhadap pembantaian massal 1965 di Indonesia.

Pemutaran film Senyap sendiri di berbagai kota di Indonesia sempat mendapat beberapa gangguan dari oknum-oknum tidak jelas. Pun begitu, film ini mendapatkan perhatian yang bahkan melebihi atensi penonton saat menonton Jagal/ The Act of Killing. Senyap sendiri berkisah tentang Adi Rukun, seorang adik salah satu korban pembantaian 65 yang mencoba mendatangi orang-orang yang bertanggung jawab di daerahnya. Senyap adalah sebuah film yang menunjukkan bahwa rekonsiliasi, sekalipun merupakan sebuah jalan yang berat dan berliku, adalah sebuah jalan yang bisa dan harus dilalui.[WARN!NG/ Titah Asmaning]

klik untuk unduh film Senyap/ The Look of Silence

klik untuk unduh film Jagal/The Act of Killing

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response