close

Folktale: Pameran Seni Utamakan Mitos

E-Flyer_Folktale_A_Collabtive_Art_Exhibition
Folktale A Collabtive Art Exhibition
Folktale A Collabtive Art Exhibition

Bertepatan dengan Halloween tahun ini, pameran seni bertajuk Folktale: A Collabtive Art Exhibition akan dibuka untuk pertama kalinya. Acara ini diusung oleh Aptisakra Studio, yang juga berperan sebagai kurator. Folktale akan mengambil tempat di kantor pusat Aptisakra Studio, beralamat di Jl. RE Martadinata 37, Ciwaringin, Bogor.

Sesuai namanya, Folktale mengambil tema cerita rakyat yang tersebar secara turun temurun. Berbeda dengan urban legend, cerita rakyat dianggap memiliki nilai kebudayaan lokal yang kuat. Maka dari itu, bentuk-bentuk karyanya memiliki kedekatan yang lebih erat dengan masyarakat sekitar. Selain itu, cerita rakyat juga bisa menjadi simbol kepercayaan akan hal-hal gaib.

Folktale dihadirkan untuk membantu memahami nilai-nilai tersebut dalam konteks realitas modern. Maka dari itu acara ini sengaja dipertemukan dengan perayaan Halloween, yang berasal dari budaya barat. Dengan begitu, diharapkan akan terjadi proses pengayaan dan pembaruan budaya lewat media dongeng, mitos, atau legenda yang sudah lama ada di Indonesia.

Acara ini menekankan pembahasan karya yang menginterpretasi mitos dan legenda tersebut. Serangkaian acara seperti pentas musik dan eksibisi lukisan telah disiapkan untuk mengisi Folktale. Dibuka pada Sabtu (31/10) nanti, Folktale akan berlanjut hingga tanggal (8/11), selama seminggu penuh. [WARN!NG/ Kevin M.]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.