close

[Movie Review] Furious 7

Furious-7

Director                : James Wan

Cast                       : Vin Diesel, Paul Walker, Dwayne Johnson, Michelle Rodriguez, Jason Statham

Durasi                   : 137 menit

Studio                   : Original Film, MRC, One Race Films, China Film Group

furious 7
furious 7

Fast and Furious adalah salah satu franchise film yang menarik, tidak hanya untuk ditonton, tapi juga diperhatikan secara seksama. Bagi anda yang melewatkan 14 tahun belakangan dan tidak sempat menonton film-filmnya, Fast and Furious pada dasarnya adalah sebuah film yang berfokus pada sekelompok pembalap liar yang juga berprofesi sebagai pelaku, sekaligus pemberantas kriminal. Tidak ada yang istimewa dari ketiga film pertamanya. Pada film keempat, Fast and Furious baru mengalami perubahan arah, yang hasilnya dimatangkan di film kelima dan keenamnya. Tema pencurian dan aksi bela diri semakin terasa kental di ketiga film selanjutnya. Perubahan ini tentunya membawa angin segar, film-film Fast and Furious terasa menyenangkan, seperti menonton The Italian Job dengan suntikan adrenalin dan steroid dosis tinggi.

Enam film berlalu sebelum Furious 7 dirilis tahun ini. Film ketujuh dalam franchise Fast and Furious ini sendiri mengalami sandungan besar semasa produksinya. Paul Walker yang memerankan Brian sebagai salah satu figur sentral di film-film sebelumnya meninggal di kala masa shooting. Ironisnya, Paul Walker meninggal lantaran mobil yang ia kendarai dengan kencang hilang kendali. Berkat perubahan plot dan penulisan ulang naskah untuk menyesuaikan keadaan Paul Walker saat itu, Furious 7 tetap diproduksi hingga tuntas.

Furious 7 sendiri mengambil cerita seusai film sebelumnya. Ketika Brian (Paul Walker) berusaha menjalani hidup normal bersama istrinya, Mia (Jordana Brewster). Begitu pula dengan Dom (Vin Diesel), yang mencoba mengembalikan ingatan istrinya, Letty (Michelle Rodriguez). Tanpa sepengetahuan mereka, Deckard Shaw (Jason Statham), memburu Dom dan timnya setelah misi terakhir yang mereka lakukan menempatkan Owen, adik Deckard dengan cedera yang serius.

Deckard sendiri berhasil membunuh Han, salah satu rekan Dom. Hal ini menyulut emosi Dom beserta anggota tim lainnya untuk balas dendam. Mereka mendapat bantuan dari Mr. Nobody (Kurt Russell) untuk mencari dan menangkap Deckard Shaw. Dengan syarat Dom beserta timnya membantunya untuk mendapatkan “God’s Eye”, sebuah program spionase berteknologi tinggi yang berada di genggaman seorang teroris bernama Jakande (Djimou Hounsou).

Menghitung musibah yang dialami di masa produksi sendiri, melihat Furious 7 selesai diproduksi saja sudah merupakan keajaiban. Ditambah lagi hasilnya tidak terlalu mengecewakan. Justru, terdapat kejutan emosional yang tidak dikira dari film-film sebelumnya. Sementara itu sisanya Furious 7 masih mengandalkan elemen-elemen yang sama seperti film sebelumnya. Dengan aksi yang memukau dan sesekali comic relief yang menurunkan tensi.

Meski begitu, ruang yang ditinggalkan Paul Walker bukan berarti tidak meninggalkan bekas. Kedua saudara kandung Paul Walker, 4 stand-ins, dan gambar grafis komputer yang digunakan masih kurang untuk menutupi fakta bahwa franchise Fast and Furious telah kehilangan salah satu komponen terpentingnya. Pengaruh kematian Paul Walker sendiri bisa dilihat pengaruhnya dari akting Vin Diesel yang benar-benar terlihat canggung dan terganggu. Penaskahan ulang yang dilakukan sendiri rasanya justru membuat plot cerita secara keseluruhan menjadi terlalu rumit dan kurang sinkron.

Sebagai sebuah eulogi, James Wan telah berhasil melakukan tugasnya dalam menggarap Furious 7. Film ini merupakan penghormatan yang pantas diberikan atas kepergian Paul Walker. Sebagai sebuah film yang utuh sendiri, Furious 7 tidak mengecewakan. Namun, terdapat sebuah kesalahan besar pada Furious 7. Film ini juga seharusnya menjadi sebuah penghormatan dan farewell terhadap franchise Fast and Furious itu sendiri. Pertama, tujuh film rasanya sudah cukup untuk mematenkan reputasi film Fast and Furious. Lagipula, kematian Paul Walker rasanya sudah menjadi pertanda yang cukup jelas, bahwa franchise ini harus mengikuti langkahnya. Tidak ada lagi yang harus dilanjutkan. Alih-alih, pihak studio telah menyiapkan tiga sequel selanjutnya lantaran torehan box-office yang diraih. Hanya dalam waktu 12 hari, Furious 7 telah meraup 1.12 miliar dollar US di seluruh dunia. [WARN!NG/Kevin M.]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response