close

Gaung Hadirkan Nomor Bertenaga Melalui “Summa Injuria”

Gaung

 

Dok. Orange Cliff Records

 

Setelah merilis single pertama “Killing with Virtue” dan side-B “Global Problem Listening Class” dalam format kaset single C10 dalam jumlah terbatas dan hanya bisa didapatkan di panggung mereka, GAUNG bersama Orange Cliff Records merilis “Summa Injuria” sebagai single kedua yang diambil dari album debut mereka, Opus Contra Naturam yang rencananya akan dirilis pada tanggal 15 Mei mendatang dalam format CD dan kaset. “Summa Injuria” dapat didengarkan melalui kanal Soundcloud dan laman Bandcamp Orange Cliff Records dan akan dapat dinikmati melalui layanan streaming seperti Spotify dan Apple Music.

Penulisan dan aransemen lagu dikerjakan oleh GAUNG sendiri (beranggotakan Ramaputratantra dan Rendy Pandita), pengerjaan kover single dilakukan oleh Sean Kratzert, seniman/musisi asal Connecticut, Amerika Serikat, proses mixing dan mastering dikerjakan oleh Adhit Android di Infinite Labs, dan foto pers dikerjakan oleh Robby Wahyudi Onggo. Selain dirilis dalam format audio, GAUNG dan Orange Cliff Records juga sedang bekerjasama dengan sutradara muda Nitya Putrini dalam pengerjaan video musik “Summa Injuria.”

“Summa Injuria” menggambarkan pencarian keadilan dan kasih lewat komposisi berawalan lugas, layaknya perintah dan larangan dalam kamus, undang-undang, serta aturan yang (entah mengapa) ditegakkan secara harfiah. Sang ahli lantas merancang keadaan atas nama kebenaran yang maha eksak, ditengahi nuansa gamang, diakhiri penolakan dari pemberontak paling mutakhir; perasaan. Seperti sebuah maxim, ‘summa injuria’, kebenaran mutlak melahirkan kesalahan mutlak. Mungkin adil dan kasih tidak ada dalam salah satu sumbu benar atau salah, tapi di antara perbedaan.

Komposisi lagu tak berlirik menjadikan judul sebagai jangkar utama dalam penafsiran. Selepas itu, narasi dan mood disiratkan hanya dalam progresi ritme, pemilihan chord, dan tekstur bunyi instrumen. Sebuah sajian musik multitafsir untuk pendengar. [WARN!NG/Reno Surya]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response