close

Illiteracy Will Prevail: Demo Awal Proyek Bermusik Kurt Cobain

ttai
Illiteracy Will Prevail
Illiteracy Will Prevail

Sosok Kurt Cobain tidak akan bisa terlepas dari Nirvana, begitu pula sebaliknya. Berbicara tentang Kurt Cobain maupun Nirvana tidak akan ada habisnya mengingat masih banyaknya cerita yang belum diketahui orang-orang baik mulai dari kehidupan pribadi, kontroversi kematiannya, hingga karir bermusiknya bersama Nirvana. Tetapi, ketahuilah jika Nirvana, ternyata bukan proyek musik pertama Kurt Cobain.

Di tahun 1985, Kurt Cobain keluar dari sekolah menengah dan membentuk sebuah band bernama Fecal Matter bersama drummer Greg Hokanson dan bassist Dale Crover (drummer The Melvins). Terhitung sampai sekarang, 30 tahun yang lalu, tepatnya 4 Agustus, Fecal Matter merilis demo pertama dan satu-satunya bertitel Illiteracy Will Prevail yang berdurasi selama 51 menit.

Illiteracy Will Prevail adalah hulu dari suara dan nyawa dari Bleach, banyak kemiripan antarnya meskipun rentang dari kedua album ini terpaut emat tahun lamanya. Dalam demo ini, ada beberapa lagu yang tidak diketahui judulnya, namun, nomor-nomor yang sudah tidak asing di telinga pendengar Nirvana seperti “Downer” dan “Spank Thru” ada di sini, yang tentu sedikit berbeda versi ketika dibawakan oleh Nirvana. Illiteracy Will Prevail direkam di Burien, Washington, dan sebagian dialog dalam demo ini juga disertakan dalam montase dokumenter Cobain Montage of Heck yang dirilis Agustus lalu. [WARN!NG/ Dwiki Aprinaldi]

Simak preview-nya di tautan Youtube di bawah ini

https://www.youtube.com/watch?v=W9E7gtPMves&feature=youtu.be/embed]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response