close

Indonesian Rice Luncurkan Debut Album ‘Prolog’

prolog
prolog
prolog

Penantian selama satu tahun berproses keluar-masuk studio telah usia, pasca memperkenalkan single bertitel “Ghetto” pada bulan April lalu. Indonesian Rice sebuah unit asal Surabaya yang banyak mengeksplorasi roots Jamaican music akhirnya meluncurkan debut album bertajuk Prolog. Tanggal 19 Mei lalu menjadi hari yang sakral setelah sepuluh nomor jawara diperkenalkan ke khalayak ramai.

Indonesian Rice yang digawangi oleh Daddy T (vocal), Faris (drum), Rhesa (bass), Raka (gitar), Bintang (trombone), Raja (keys) menjelaskan penyebab penyelesaian materi sampai perekaman yang memakan waktu hingga satu tahun tersebut. Mulai dari kesibukan beberapa personil yang peduli pendidikan atau lebih tepatnya dituntut untuk segera wisuda hingga personil yang juga aktif di band lain menjadi alasan, sehingga dibutuhkan kesabaran dalam menghadapi lika-liku pengerjaan album Prolog.

Untuk proses rekaman dalam album ini dilakukan di beberapa studio, seperti take drum dan guide di Kharisma Studio lalu take vocal, gitar, brass di L-One Studios dan terakhir Abidin Studio dan Jooks Studio untuk take keyboard, organ dan sound fx. Semua nomor di album ini dimixing dan mastering oleh Arissaputra dari L-One Studios. Tak hanya sampai disitu, kesungguhan Indonesian Rice dalam menggarap Prolog ditunjukkan pula dengan banyaknya teman musisi lain yang ambil bagian, antara lain Arta dan Indra (trompet), Tudo dan Evan (sax) dan Dhanny (backing vocal). Penambahan instrumen tersebut mampu memberi warna baru di karya Indonesian Rice, ditambah lagi ketika para personil yang sedang banyak menyelami musik soul, dub, rocksteady, funk, hingga hip-hop. Sound di album ini dirasa bakal sedikit beda jika dibandingkan aransemen live Indonesian Rice sebelumnya, meski tanpa menghilangkan roots Jamaican music yang selama ini dimainkan.

Menurut rilis resmi yang diterima WARN!NG, album Prolog lebih banyak bercerita tentang isu-isu yang ada di kehidupan sehari-hari, yang sebagian besar juga ditulis oleh Daddy T. Untuk artwork album Prolog, merupakan sebuah karya seni dari Ilham Nugraha alias TksLowskill. Ilustrasi album ini terinspirasi dari kehidupan jalanan di Kingston Jamaica yang disesuaikan dengan karakter masing-masing personil yang disepakati cocok dengan album ini. [WARN!NG/Dadan Ramadhan]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response