close

Indonesian Song of The Year 2015

polos song

10. Polka Wars – Top Gear (Moths & Flies)

 

Lagu ini diawali dengan intro yang cocok menjadi musik latar imajinasi sekuel Star Wars dalam penantiannya sepanjang tahun 2015. Klimaksnya adalah bagian chorus dengan pola interval ketukan yang manis. Didukung keterlibatan Sigit Pramudita dari Tigapagi di posisi gitaris,“Top Gear (Moth & Flies)” merupakan contoh terbaik dari bagaimana Polka Wars piawai menghadirkan jalinan rock yang non-konvensional dan detil namun membius.

9. Isyana Sarasvati – Keep Being You

 

Sebelum album Explore! rilis, nama Isyana Sarasvati sudah melangit utamanya berkat sepasang single: “Tetap Dalam Jiwa” dan “Keep Being You”. Yang merajai memang “Tetap Dalam Jiwa”, namun pop-R&B lokal semahal “Keep Being You” lebih sukar ditemui. Andai terlestarikan, tak butuh waktu lama bagi Isyana mencapai jenjang dilematis yang prestisius: korban obsesi Go International.

8. V/A Prison Songs – Dekon

 

Dekon sesungguhnya adalah singkatan dari Deklarasi Ekonomi, buah pidato kenegaraan Soekarno tahun 1963 yang dinyanyikan lewat bahasa Bali sebagai alat propaganda. Di Prison Songs, lagu ini dinyanyikan oleh Guna Warna (Nostress) dengan sangat apik. “Jalan jani luh muani/ cerik kelih tua bajang/ bersatu apang je teguh/ menyarenging Nasakom menjadi inti.” Formula sederhana dari gitar dan cello, yang entah bagaimana langsung mengingatkan pada aroma lagu-lagu yang dikaitkan dengan partai palu arit yang lain.

7. Raisa – Jatuh Hati

Apa bedanya jatuh hati dan jatuh cinta? Raisa mengungkapnya di single lepas yang membuat adem sirkulasi musik radio awal tahun 2015. Sebuah lagu dengan komposisi ideal untuk mengakomodir karakter vokal Raisa yang berbalut engahan. “Ku terpikat pada tuturmu, aku tersihir jiwamu / Terkagum pada pandangmu, caramu melihat dunia,” lantunnya, meneduhkan hati yang akhir-akhir ini tersiksa suhu udara.

6. Barasuara – Bahas Bahasa

 

Taifun boleh meniupkan badai di belantika musik tahun ini, dan jelas “Bahas Bahasa” adalah salah satu amunisi terkuatnya. Dibuka dengan tabuhan berenergi yang berkelindan dengan seru-seruan tribal dan petikan gitar catchy, “Bahas Bahasa” tidak bisa tidak didengarkan berulang-ulang. Salah satu nomor paling berenergi dari Barasuara. Divisi lirik yang diramu kata-kata berima seolah egaliter dengan musiknya yang megah, seimbang. Mendengarkan “Bahas Bahasa” adalah pengalaman 4:28 menit yang menguras energi dan sangat memuaskan.

Next : Indonesian Song of The Year 2015 (5-1)

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response