close

INF#2 Adakan Pre-event Lokakarya Menulis Wikipedia

10171877_10202211588795532_8009920658056094905_n
© Muqfi Hutomo
© Muqfi Hutomo

Menggandeng Wikipedia Indonesia sebagai partner dan pemateri, lokakarya penulisan entri Wikipedia telah diadakan pada 17-18 Mei 2014 lalu di Universitas Parahyangan, Bandung. Acara ini adalah rangkaian pre-event Indonesian Netaudio Festival #2 yang diprakarsai oleh Sorge, KKBM Unpar dan Indonesian Netlabel Union (INU).

15 Jurnalis musik diundang untuk mengikuti rangkaian lokakarya ini. Diantaranya adalah Gisela Swaragita (Kanal Tigapuluh), Titah Asmaning  (Warning Magazine), Abdul Manan Rasudi (Primitif Zine), Raka Ibrahim (Disorder Zine), Muhammad Hilmi (Whiteboardjournal), Talitha (Sorge Magazine), Adytio Nugroho (Sorge Records), Emmanuella Kania Mamonto (Sorge Radio), Raras Prawitaningrum , Audry Rizki (Bandung Zine Fest) dan Nathania Gabriele (Laugh On The Floor).

Lokakarya dimulai dengan latihan aktif menggunakan akun dan menyunting artikel di Wikipedia. Pemateri Wikipedia yang terdiri dari Siska Doviana, Ivonne Kristiani, Isabella Apriyana, dan Jhon secara bergantian membimbing peserta untuk membuat entri yang sesuai dengan value konten Wikipedia. Selain dituntut untuk menulis secara netral dan menggunakan referensi yang sahih, peserta diharuskan berlatih menggunakan coding (markah wiki).

Di hari kedua lokakarya, peserta baru membuat halaman Wikipedia yang berhubungan dengan musik. Khususnya proyek musik atau band yang menggunakan lisensi Creative Common. Tujuan lokakarya ini sendiri adalah untuk memperbanyak halaman wikipedia tentang musik Indonesia. Hasilnya, beberapa entri seperti Yes No Wave, Indonesian Netlabel Union, Zoo, Bottlesmoker, dan lainnya sudah bisa dicari di platform wikipedia Indonesia.

Anitha Silva, perwakilan dari Indonesian Netlabel Union mengharapkan peserta lokakarya untuk melanjutkan kontribusinya menulis entri musik di platform wikipedia Indonesia. Acara puncak INF#2 sendiri akan diadakan di Bandung bulan November mendatang. [War!ning – Titah Asmaning]

 

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.