close

JAFF Resmi Dibuka Hari Ini

10-tahun-jogja-netpac-asian-film-festival-proses-menjadi-asia
presscon JAFF
presscon JAFF

Hari ini (1/12), Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) akan resmi memasuki edisi kesepuluhnya. Acara akan dibuka dengan pemutaran film Memories on Stone karya Shawkat Amin Korki dari Irak. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Memories on Stone beserta serangkaian acara pembuka mengambil tempat di Taman Budaya Yogyakarta. Meski sebenarnya hal ini tidak asing, lantaran Taman Budaya Yogyakarta merupakan tempat pertama kali JAFF diselenggarakan.

Sederetan panitia JAFF membuat istilah “(Be)Coming” sebagai tema festival tahun ini. Intinya, tema itu berasal dari keadaan sinema Asia yang terus menerus mengalami perubahan dalam eksistensinya di antara penikmat film. Dengan optimis pula mereka mempromosikan sinema Asia sebagai masa depan sinema dunia lantaran kemampuannya untuk menggambarkan corak Asia yang beragam.

Tercatat 159 judul film dari 23 negara yang akan mengisi rangkaian acara JAFF hingga Minggu (6/12) nanti. Selain di Taman Budaya Yogyakarta, pemutaran juga akan mengambil tempat di Empire XXI. Film-film yang akan diputar terbagi dalam beberapa program dengan fokus masing-masing. Diantaranya dinamai Light of Asia, Focus on Chinese Cinema, dan Filmmaker’s Choice of Japanese Cinema. Khusus dalam program yang disebut terakhir, film klasik seperti Seven Samurai, Tokyo Story, hingga The Pornographers akan diputar dalam format 35 mm, dengan bantuan dari Japan Foundation.

Program pendukung lain seperti Open Air Cinema sejatinya telah dimulai sejak dua hari lalu. Sama seperti tahun sebelumnya, tempat penyelenggaraan Open Air Cinema akan berpindah-pindah setiap harinya di sekitar Yogyakarta. Selain itu, aka nada pula program diskusi dan forum komunitas yang dilakukan untuk mempererat kolaborasi komunitas film, khususnya di sekitar Yogyakarta.[WARN!NG/Kevin M.]

jaff 2015
jaff 2015
warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.