close

Jalan-Jalan ke-Nusantaraan di Festival Musik Tembi 2015

CD0WH8XVAAACEup
fmt 2015
fmt 2015

Memasuki usia yang ke-5 ini, Festival Musik Tembi siap diselenggarakan kembali. Gelaran yang mengusung musik multi genre ini akan diselenggarakan pada Kamis hingga Sabtu (21-23/5) mendatang. Sejak diadakan pertama kali di tahun 2011, Festival Musik Tembi telah menemui beragam karya musik kreatif, baik secara genre, bentuk, maupun daerah asal musisi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Berangkat dari perjalanan ini, Festival Musik Tembi 2015 berinovasi dengan mengangkat tema “Jalan-Jalan”.

“Jalan-Jalan” merupakan simbol dari sebuah aktivitas atau kegiatan yang santai, harmonis dan juga ringan untuk diterima. Dalam setiap perjalanan pula, kita selalu menemukan sesuatu yang baru. Secara tidak langsung, perjalanan ini juga bisa diartikan sebagai ‘proses’. Dalam pers rilis yang diterima WARN!NG, diharapkan dengan tema “Jalan-Jalan” ini, Festival Musik Tembi 2015 mampu hadir sebagai ‘Potret ke-Nusantaraan’ dalam bidang musik. Sebuah festival yang mencoba mengapresiasi segala bentuk musik di Nusantara, baik itu tradisi, populer, dan sebagainya. Dengan ber-“Jalan-jalan”, Forum Musik Tembi berharap bahwa kita bisa mengetahui, mengenal, serta melihat langsung kekayaan musik dan kebudayaan negeri ini.

Pada festival ini, makna “Jalan-jalan” diwujudkan ke dalam bentuk yang lebih beragam. Selama tiga hari, akan ada pertunjukan musik, lokakarya, pasar musik dan sebuah program istimewa berupa “Musik Tradisi Baru”. MTB bisa dibilang sebagai laboratorium untuk mencari Identitas Musik Indonesia. Pendaftaran untuk program ini sudah berlangsung sejak bulan Desember lalu. Tanggal 18 April kemarin, Festival Musik Tembi 2015 juga telah mengadakan pre-event bertajuk “Satu Dalam Musik” di kampus Sanata Dharma.Dengan tema tersebut, diharapkan dapat merepresentasikan Festival Musik Tembi 2015 secara utuh melalui musik, lokakarya, kearifan lokal, dan budaya yang berbaur dalam keragaman yang ada di Nusantara ini. [WARN!NG/Dadan Ramadhan]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response