close

Gene Simmons Kritik Industri Rock dengan Pernyataan “Rock Is Finally Dead”

Mending Kids International’s “Rock & Roll All-Stars” Fundraising Event – Inside

Mending Kids International's "Rock & Roll All-Stars" Fundraising Event - Inside“Semua tak berjalan dengan semestinya” adalah perspektif yang coba dilontarkan oleh Gene Simmons, rockstar Kiss beberapa waktu lalu, sehubungan dengan kian ‘matinya’ industri musik rock dewasa ini.

Dikutip dari sebuah wawancara yang dipublikasikan oleh majalah Esquire, Simmons merasa industri musik di era sekarang berada dalam kondisi kontradiktif. Para musisi rock tak lagi mengenal kata ‘dukungan’ seperti yang terjadi di era 60-70’an, dimana label begitu mencurahkan totalitasnya kepada sang artis.

“Jangan berhenti dari pekerjaanmu merupakan sebuah petuah yang bijak. Ketika perusahaan label berada di sisimu, itu berarti mereka telah menemukan bakatmu. Dan hal itu juga menegaskan bahwa label akan mendukung tur-mu. Ada masanya, label telah berhenti melahirkan anugerah seperti The Beatles, Rolling Stones, sampai Prince. Tapi mereka tetaplah perusahaan label yang menerima pop, rap, dan country. Namun untuk kalian; rock telah usai”, ucap Simmons.

Gitaris Kiss ini juga menambahkan, “Banyak orang di luar sana yang tidak merasa pengunduhan lagu secara illegal adalah tindakan pencurian. Karena memang kenyataannya terdapat ‘sesuatu’ yang meninggalkanmu di belakang. Masalahnya bukan di situ. Akan tetapi tidak ada yang membayarmu untuk masa kerja 10.000 jam demi menghasilkan sebuah karya. Aku hanya bisa membayangkan satu hal: rasa frustasi.”

Dia melanjutkan, “Alangkah baiknya jika kalian tidak belajar perihal bagaimana cara bermain gitar atau menulis lagu. Bernyanyilah dalam audisi The X Factor. Aku tak mencela The X Factor atau penyanyi pop. Tapi dimana Bob Dylan selanjutnya? Di mana generasi The Beatles masa mendatang? Di mana para pencipta lagu? Banyak dari mereka yang duduk di belakang layar sekarang, hanya untuk menjamu para bintang pop.”

Sebelumnya di tahun 2010, Simmons juga pernah mengkritik tentang kondisi pembajakan yang mengalir deras. “Industri musik masih terlelap. Mereka tak berupaya untuk bangun dari realita yang ada. Dan tebak hasilnya; mereka pergi dengan meninggalkan status “pengangguran”. Tidak ada industri,” kata Simmons.

Simmons seolah tak lelah mengkritik kondisi musik rock yang kian ‘tenggelam. Tak ayal, kritikan Simmons bak gelegar petir di kala hujan. Kita tahu hal itu akan terjadi, namun masih saja diri kita terkagetkan. Sekarang tinggal kita ingin bereaksi seperti apa: tetap bungkam atau bergerak maju demi hilangnya masa suram dunia rock. [Muhammad Faisal]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response