close

Jogja Records Store Club Akan Rilis Album Kompilasi

Cassette Store Day 2015 Chapter Yogyakarta
Cassette Store Day 2015 Jogja
Cassette Store Day 2015 Jogja

Pesatnya perkembangan koleksi rilisan fisik berdampak terhadap tumbuhnya berbagai gerai-gerai jejaring on-line maupun off-line. Hal ini seakan menjadi fenomena di berbagai kalangan elemen pegiat musik untuk mulai mengumpulkan berbagai rilisan fisik tersebut khususnya band-band kesukaan mereka. Fenomena tersebut disiasati dengan baik oleh sekelompok anak muda di Jogja yang memiliki latar belakang sebagai pemilik record label dan toko musik untuk menyatukan ide, visi dan misi mereka dalam sebuah keja kolektif.

Kerja kolektif yang menamai dirinya dengan nama Records Store Club, merupakan kerja kolektif yang terdiri dari DoggyHouse Records, JNM Art Shop (Demajors Jogja), Yes No Shop, Samstrong Records, Rilisan Fisik, Deep St, Yogya Music Store, Roots Music, Jesuicidal Records, Altar Apokalips, Hellhouse, Anthem, Relamati Records, Cryptic Records dan lain-lain.

Berbagai agenda telah direncakan, salah satunya ialah dengan merilis album kompilasi yang berisi sepuluh band-band baru serta potensial di Jogja dalam rangka perayaan Cassete Stoe Day. Gagasan tersebut juga langsung direspon positif oleh berbagai band yang berasal dari lintas genre mulai dari math core, post-rock, garage rock, rap, indie pop, experimental hingga hardcore akan menjadi macam corak dalam rilisan kompilasi tersebut. Berbagai genre tesebut akan diwakili oleh LeftyFish, Banana For Silvy, Seahoarse, Chick and Soup, Warmouth, Dirty Light, Dinosour Youth, Rarya, PsychotRAPy dan Sungai yang siap unjuk gigi lewat nomor – nomor jawara. Nantinya rilisan berbentuk kaset tersebut akan di distribusikan oleh Peta Records Store Jogja dan zine.

Cassette Store Day merupakan sebuah perayaan internasional yang terinspirasi Records Store Day, namun Cassette Store Day sendiri lebih bertujuan untuk mengenali akan nilai penting dari sebuah rilisan fisik khususnya berbentuk kaset. Perayaan Cassette Store Day 2015 di Jogja adalah yang kedua kalinya setelah sempat digelar tahun lalu di markas DoggyHouse Records. Dalam rilis resmi yang diterima WARN!NG, perayaan tersebut akan digelar pada tanggal 17 Oktober 2015 di halaman Bentara Budaya Yogyakarta, mulai jam 12 – 10 malam. Sekitar 20 records label dan toko musik off-line dan on-line dari Jogja dan Solo siap membuka lapak mereka di acara yang juga diramaikan dengan pemutaran koleksi kaset, diskusi serta penampilan akustik. [WARN!NG/Dadan Ramadhan]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.