close

Kendrick Lamar Dituntut Karena Pelanggaran Hak Cipta

062815-shows-betx-sprite-hip-hop-night-at-the-staple-center-performs-kendrick-lamar-5
kendrick lammar
kendrick lammar

Rapper Kendrick Lamar dituntut karena diduga menjiplak lagu “Don’t Want To Stay” (1975) karya Bill Wither ke dalam lagunya yang berjudul “I Do This” (2009) tanpa izin. Seperti dilansir oleh Reuters, surat tuntutan dilayangkan Golden Withers Music dan Musidex Music, yang mempunyai hak cipta lagu “Don’t You Want to Stay”, Kamis 14 April 2016 lalu. Dalam kasus ini ditangani oleh Pengadilan Federal Los Angeles ini, pihak penuntut mengklaim bahwa Kendrick Lamar menjiplak habis lagu Bill Wither dengan hanya mengganti liriknya. Pihak penuntut menyatakan bahwa EP Kendrick Lamar rilisan tahun 2009 tersebut “consists of nothing more than new rap and hip hop lyrics set to the existing music of “Don’t You Want to Stay.”” Perkara hukum yang diajukan untuk menuntut ganti atas kerusakan dan menghentikan penggunaan dan distribusi lagu Bill Wither yang dijiplak.

Di lain pihak, kuasa hukum Kendrick Lamar belum menyampaikan jawaban apapun atas kasus ini. Label rekaman Top Dawg dan unit publikasi Warner Music Group yang juga menaungi Kendrick Lamar juga belum memberikan respons. Saat ini lagu “I Do This” masih beredar dengan bebas di berbagai penyedia layanan musik daring.

Hal ini bukan pengalaman pertama yang dialami Kendrick Lamar. Pada tahun 2015 lalu, ia juga pernah dituntut karena menggunakan foto karya seorang fotografer freelance tanpa izin. Eric Woolfson dari The Alan Parsons Project pada 2014 lalu juga pernah menuntut Kendrick Lamar. Menurutnya, Kendrick Lamar menggunakan sample lagu “Old and Wise” dalam lagu “Keisha’s Song (Her Pain)” tanpa persetujuan.

Kendrick Lamar bukan satu-satunya musisi yang dilaporkan atas plagiarisme. Maret 2015 lalu, Robin Thicke dan Pharell Williams juga pernah dilaporkan menjiplak bagian lagu Marvin Gaye yang berjudul “Got To Give Up” (1977) ke dalam hit tahun 2013 mereka “Blurred Lines”. Keluarga Marvin Gaye mendapat ganti rugi sebesar 7,4 juta dollar Amerika setelah memenangkan kasus tersebut. [contributor/Unies Ananda Raja]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.