close

KIRI: Trio Berhaluan Ancam

IMG_7400
KIRI
KIRI

Sedari masa revolusi Perancis, orang-orang yang menetap di haluan kiri identik sebagai kelompok yang menentang dan menghendaki adanya perubahan. Dengan esensi pemaknaan menentang dan mengancam, kata ‘Kiri’ dijunjung sebagai nama sebuah trio punk rock asal Yogyakarta yang terdiri dari Hasan (gitar/vokal), Dendi (bas/backing vocal), dan Bagus (drum/backing vocal).

“Kata kiri identik dengan hal-hal negatif yang tabu untuk diperbincangkan, bahkan tak layak untuk dilakukan. Seperti stereotip makan harus menggunakan tangan kanan, bagaimana jika seseorang benar-benar kidal?” ujar Bagus.

Berdiri sejak 10 November 2014 silam—bertepatan dengan hari pahlawan—Kiri telah merilis single bertajuk “Monology” yang sempat menduduki posisi jawara di Indian On Chart – Ajang Musikal besutan radio Geronimo FM pada pertengahan April 2015.

“Monology” bercerita tentang bagaimana tayangan televisi belakangan ini semakin jauh dari edukasi yang bermanfaat, dan justru mendekati sajian-sajian sampah yang tak jarang cenderung merupakan manifestasi pribadi dari masing-masing pemilik televisi. “Lagu ini adalah pernyataan dari kemuakan kami atas televisi yang kian hari menghadirkan sajian-sajian bodoh dan tak bermutu!” tegas Dendi.

Saat ini Kiri tengah dalam proses penggarapan album perdana yang rencananya akan berisi sepuluh lagu. Sebelumnya, single kedua mereka yang berjudul “Jabat Erat”—menceritakan hubungan sosial warga asli Jogja dan pendatang—akan segera dirilis dalam waktu dekat via akun resmi Soundcloud mereka (https://soundcloud.com/kiriofficial).

Salah satu sisi unik dari Kiri adalah penggunaan megafon dalam setiap performa konsernya. “Kami tidak ingin hanya menampilkan musik yang skillful. Kami cenderung mengutamakan isi dari lirik-lirik yang kami sampaikan daripada kualitas musik yang maha mewah,” terang Hasan, yang juga merupakan pembetot bas dari kolektif ska, Sri Plecit. “Meski demikian, proses belajar menuju kualitas musik yang mumpuni adalah mutlak harus dilakukan, kalau saat ini memang kualitas musik kami pas-pasan”. [WARN!NG / Soni Triantoro]

Check and Beat Them Out!

TWITTER : @KIRI_Official_

FACEBOOK : KI RI

SOUNDCLOUD : KIRI

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response